Apa yang Harus Dilakukan Jika Gigi Berlubang? Cek Penyebab, Cara Mencegah dan Mengobatinya

- Rabu, 9 November 2022 | 13:51 WIB
Penyebab, cara mencegah dan mengobati gigi berlubang (Pixabay/ renatalferro)
Penyebab, cara mencegah dan mengobati gigi berlubang (Pixabay/ renatalferro)

NEWSmedia - Salah satu masalah yang sering dijumpai oleh manusia, terutama mereka yang masiah anak-anak dan baru tumbuh dewasa adalah gigi berlubang.

Dalam istilah lain, gigi berlubang biasa juga disebut dengan karies gigi. Dikutip NEWSmedi dari ncbi.nlm.nih.gov, gigi berlubang merupakan suatu kondisi kerusakan yang terjadi pada bagian terluar (enamel) dan terdalam (dentin) gigi.

Masalah pada gigi berlubang ini tidak hanya disebabkan oleh makanan, namun kombinasi dari beberapa faktor, seperti terdapat aktivitas bakteri di mulut dan tidak merawat kesehatan gigi.

Baca Juga: Gigi yang Sudah Berlubang Apa Bisa Disembuhkan? Berikut Penyebab dan Cara Mengatasi Gigi Berlubang

Perlu diketahui, perawatan gigi berlubang ditentukan oleh tingkat keparahan gigi berlubang tersebut, jadi tidak selamanya harus dicabut.

Sebab, pencabutan gigi berlubang baru bisa ditempuh apabila gigi sudah mengalami kerusakan yang cukup parah, sehingga tidak dapat dipertahankan lagi.

NEWSmedia kemudian mengutip dari YouTube Dokter Gigi Channel, bahwa gigi terdiri dari 3 lapisan, enamel yang merupakan lapisan gigi paling luar berwarna putih yang terlihat agak transparan.

Baca Juga: RESMI! Link Live Streaming Piala Dunia 2022 dan Cara Nonton Semua Pertandingan, Cukup Duduk Manis Siapkan Kopi

Lapisan gigi yang kedua adalah dentin, yang berwarna kekuningan dan ketiga atau di dalamnya lagi ada yang namanya lapisan gigi pulpa, yang berisi pembuluh darah dan pembuluh syaraf.

Ketika gigi berlubang baru mencapai lapisan enamel dan belum dirasakan gejala apa-apa, bisa langsung ditambal dalam satu kali kunjungan, sebab jika dibiarkan, maka lubang gigi akan berlanjut ke lapisan yang lebih dalam lagi, yaitu dentin.

Halaman:

Editor: Ahmad Hipni

Tags

Artikel Terkait

Terkini