• Rabu, 30 November 2022

Prediksi Gempa Magnitude 8,9 Berpotensi Tsunami Raksasa 34 Meter di Indonesia: Cek Penyebab dan Wilayah

- Senin, 14 November 2022 | 08:08 WIB
Ilustrasi tsunami raksasa  (Pixabay.com/KELLEPICS)
Ilustrasi tsunami raksasa (Pixabay.com/KELLEPICS)

NEWSmedia - Sejumlah ahli kegempaan dan BMKG mengungkapkan adanya prediksi gempa magnitude 8,9 yang berpotensi tsunami setinggi 34 meter di wilayah Indonesia.

Prediksi tsunami raksasa dengan gempa magnitude 8,9 disebut melebihi tsunami Aceh pada 26 Desember 2004 silam, dan guncangan kali ini diperkirakan menjadi yang terbesar di Indonesia.

Menurut BMKG potensi tsunami 34 meter di Indonesia terjadi lantaran meningkatnya tingkat kegempaan yang tinggi disekitar Jawa Barat dan Sumatera.

Tingkat kegempaan sekitar Jawa Barat dan Sumatera tersebut merupakan akibat dari pertemuan lempeng Indo-Australia dan subduksi di bawah lempeng Sunda.

Baca Juga: Fakta Menarik 8 Stadion Piala Dunia 2022 Qatar: Salah Satunya Terbuat dari Susunan Hampir Seribu Kontainer

Meski hanya prediksi, sejumlah ahli kegempaan dan BMKG menyatakan bahwa penelitian ini tidak main-main dan bukan sembarangan.

Gempa magnitude 8,9 akan guncang Indonesia, lalu apa penyebab dan wilayah mana saja yang diprediksi terkena tsunami raksasa 34 meter? Simak selengkapnya sebagai berikut.

Menurut BMKG dan pusat penelitian seismik internasional periode April 2009 hingga Juli 2020, jika dilihat dari penyebabnya hal ini terjadi lantaran adanya megathrust.

Megathrust merupakan kondisi pecahnya batas lempeng di bidang kontak dua lempeng teknonik yang bertemu di zona subduksi sehingga mampu menyebabkan gempa magnitude 8,9.

Halaman:

Editor: Adam Adhary Abimanyu

Tags

Artikel Terkait

Terkini