• Rabu, 30 November 2022

Apa Itu Megathrust Penyebab Terjadi Tsunami Raksasa 34 Meter yang Diprediksi Bakal Hantam Wilayah di Indonesia

- Senin, 14 November 2022 | 10:46 WIB
Ilustrasi tsunami raksasa  (Pixabay.com/KELLEPICS)
Ilustrasi tsunami raksasa (Pixabay.com/KELLEPICS)

NEWSmedia - Baru-baru ini sejumlah ahli kegempaan dan BMKG mengungkapkan prediksi terjadinya tsunami raksasa dengan ketinggian 34 meter yang akan menghantam wilayah Indonesia.

Berdasarkan data dan penelitian BMKG, bencana besar tsunami 34 meter yang diprediksi bakal menghantam beberapa wilayah di Indonesia di sebabkan oleh gempa megathrust.

Megathrust merupakan jenis gempa antar lempeng terkuat di Bumi yang dapat menghasilkan energi sangat besar dan merusak di permukaan sehingga dapat menimbulkan tsunami raksasa.

Baca Juga: Ada Apa dengan Batik Air dan Koper Kaesang Pangarep Hingga Jadi Trending Topic Twitter? Netizen: Captionmu mas

Menurut Daryono selaku Kepala Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Megathrust sebenarnya relatif jarang terjadi namun sumbernya mampu membangkitkan gempa dahsyat dengan magnitudo 8 atau bahkan 9.

Megathrust terjadi akibat pecahnya batas lempeng dibidang kontak 2 lempeng tektonik yang bertemu di zona subduksi.

Dibeberapa wilayah Indonesia setidaknya ada 13 segmen yang terjadi yaitu Barat Sumatera ada 6 segmen, Selatan Jawa ada 3 segmen, Selatan Bali hingga Sumba ada 1 segmen, Utara Sulawesi ada 1 segmen, Maluku ada 1 segmen dan Utara Papua ada 1 segmen.

Baca Juga: Prediksi Gempa Magnitude 8,9 Berpotensi Tsunami Raksasa 34 Meter di Indonesia: Cek Penyebab dan Wilayah

Celah seismik besar di Selatan Jawa Barat dan Sumatera bagian Tenggara berpotensi menjadi sumber gempa megathrust kekuatan magnitude 8,9 berpotensi tsunami 34 meter.

Halaman:

Editor: Adam Adhary Abimanyu

Tags

Artikel Terkait

Terkini