• Rabu, 30 November 2022

Alasan Indonesia diprediksi Gempa Magnitude 8,9 Meski Miliki Tanah Subur: Cek 13 Segmentasi Wilayah Apa Saja

- Rabu, 16 November 2022 | 21:19 WIB
Ilustrasi gempa dahsyat magnitude 8,9 (Pixabay.com/Angelo_Giordano)
Ilustrasi gempa dahsyat magnitude 8,9 (Pixabay.com/Angelo_Giordano)

NEWSmedia - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) beserta sejumlah peneliti kegempaan jelaskan alasan gempa magnitude 8,9 yang diprediksi menghantam wilayah Indonesia.

BMKG menyebut gempa magnitude 8,9 di wilayah Indonesia disebabkan oleh gempa dahsyat megathrust yang terdapat di kontak dua lempeng tektonik.

Indonesia memang terkenal memiliki tanah yang subur, namun justru rentan dihantam bencana besar. Salah satunya yaitu prediksi gempa magnitude 8,9 dibeberapa wilayah.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Pisces Hari Ini, Kamis 17 November 2022: Lakukan Yoga dan Minum Lebih Banyak Air

Prediksi gempa dahsyat magnitude 8,9 di beberapa wilayah Indonesia bisa menyebabkan tsunami raksasa setinggi 34 meter, dan hal ini tentunya mengalahkan tsunami Aceh pada tahun 2004 lalu.

Menurut BMKG, megathrust sebenarnya relatif jarang terjadi namun sumbernya mampu membangkitkan gempa dahsyat dengan magnitudo 8 atau bahkan 9.

Jenis gempa megathrust mampu menghasilkan energi sangat besar dan merusak di permukaan sehingga dapat menimbulkan tsunami raksasa dengan ketinggian 34 meter.

Baca Juga: Harga Emas Antam dan UBS Rabu 17 November 2022, Harga Per Gram Mencapai Rp1.008.000

Megathrust sendiri terjadi akibat pecahnya batas lempeng terkuat bumi dibidang kontak lempeng tektonik yang bertemu di zona subduksi.

Halaman:

Editor: Adam Adhary Abimanyu

Tags

Artikel Terkait

Terkini