Benarkah Nobar Piala Dunia 2022 Qatar di Gardu Ronda Tanpa Izin Bisa Masuk Penjara? Cek Jawabannya Disini!

- Sabtu, 19 November 2022 | 05:00 WIB
Nobar Piala Dunia 2022 Tanpa Izin, bisa dipenjara. (Foto: Ilustrasi by Pixabay)
Nobar Piala Dunia 2022 Tanpa Izin, bisa dipenjara. (Foto: Ilustrasi by Pixabay)

NEWSmedia – Apakah nonton bareng atau Nobar Piala Dunia 2022 Qatar di gardu ronda bisa masuk penjara atau bisa kena sanksi pidana?  

Pertanyaan itu belakangan ini banyak terlontar, menyusul kick off Piala Dunia 2022 tinggal sehari lagi. Pasalnya kini nobar tidak lagi merdeka seperti dulu.

Aturan nobar saat ini sangat ketat, tak bisa lagi seenaknya. Bahkan hanya di tempat ronda sekalipun. Simak ulasannya, sanksi pidana dan denda nobar tanpa izin berikut tata cara nobar yang aman.

Baca Juga: Sadio Mane Akan Absen di Piala Dunia 2022 Karena Virgil van Dijk Tidak Bisa Ikut Reuni dengan Rekan Lamanya?

Kick off Piala Dunia 2022 Qatar bakal dilangsungkan Minggu 20 November 2022. Tentu saja ajang pentas dunia 4 tahunan ini sangat dinanti para pecinta sepakbola tanah air.

Budaya nobar tentu saja tak bisa dilewatkan begitu saja. Biasanya, nobar menjadi ajang kumpul untuk sama-sama mendukung tim favorit masing-masing.

Akan tetapi sekarang nobar tidak lagi sebebas dahulu. Pasalnya jika nobar tanpa izin, bakal dijerat Undang undang Nomor 28 Tahun 2014 yang mengatur Hak Kekayaan Intelektual, dimana pada Pasal 25 ayat 1 ada ancaman pidana empat tahun dan denda maksimal Rp1 miliar.

Baca Juga: Absen di Piala Dunia 2022? Bintang Bayern Munchen Akan Ikuti Jejak Christopher Nkunku?

Artinya nonton bola bareng-bareng di gardu ronda sekalipun bisa berurusan dengan hukum, dan dendanya tak tanggung-tanggung.

“Nobar Piala Dunia 2022, menarik iuran atau tidak narik iuran, itu harus meminta izin,” ujar Direktur Emtek Group Sutanto Hartono, dikutip dari Kanal Youtube Ulas Pengetahuan.

Halaman:

Editor: Adam Adhary Abimanyu

Tags

Artikel Terkait

Terkini