• Sabtu, 4 Desember 2021

Pemilik Smartphone dan Gadget Dari Luar Negeri Harus Segera Daftarkan IMEI, Begini Caranya

- Selasa, 3 Agustus 2021 | 17:28 WIB
Foto ilustrasi smartphone atau gadget. (Unsplash)
Foto ilustrasi smartphone atau gadget. (Unsplash)

NEWSmedia - Bagi kalian yang ingin membeli atau bahkan sudah memiliki handphone, komputer atau laptop, tablet dan perangkat komunikasi atau gadget dari luar negeri, sebaiknya segera mendaftarkan IMEI perangkat tersebut.

IMEI adalah International Mobile Equipment Identity, sebagai nomor identitas khusus yang dikeluarkan oleh asosiasi GSM (GSMA) untuk tiap slot kartu GSM yang dikeluarkan oleh produsen telepon seluler.

Melalui akun Instagramnya, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengingatkan bagi yang berencana untuk membeli handphone, komputer genggam, atau tablet (HKT) dari luar negeri untuk segera mendaftarkan perangkat tersebut.

Baca Juga: Diduga Plagiat, Pemenang Lomba Design Logo HUT ke-14 Kota Serang Disoal

Batas waktu maksimal pendaftaran perangkat yang dibeli dari luar negeri yaitu 60 hari setelah kedatangan.Konsekuensi apabila tidak mendaftarkan IMEI perangkat yang dibeli dari luar negeri dalam 60 hari, perangkat tersebut tidak dapat mengakses jaringan telekomunikasi indonesia.

Untuk mendaftarkan IMEI pada perangkat yang dimiliki, yaitu melalui www.beacukai.go.id/register-imei.html atau melalui aplikasi mobile ‘BEA CUKAI’ untuk mendapatkan QR Code yang selanjutnya harus dibawa ke bea cukai atau kantor bea cukai terdekat untuk registrasi.

Baca Juga: Pernyataan Lengkap Presiden Jokowi saat Mengumumkan PPKM Level 4 Diperpanjang, Senin 2 Agustus 2021

Pendaftaran IMEI ini tidak dipungut biaya pendaftaran. Adapun pungutan yang dikenakan adalah yang berkaitan dengan penyelesaian kepabeanan atas importasi HKT tersebut.

Sementara untuk perangkat selain handphone, komputer/laptop dan tablet, seperti modem, gps dan perangkat yang tersambung ke jaringan bergerak seluler, tidak perlu didaftarkan IMEI nya.***

Editor: Fauzan KR

Tags

Terkini

X