• Sabtu, 10 Desember 2022

Gempa dimana-mana, Prediksi Tsunami Raksasa 34 Meter Semakin Kuat: BMKG Himbau Waspada Guncangan 8,9 Magnitudo

- Rabu, 23 November 2022 | 11:47 WIB
Ilustrasi tsunami Pesisir selatan Jawa akibat gempa megatrust.  (Pixabay.com/KELLEPICS)
Ilustrasi tsunami Pesisir selatan Jawa akibat gempa megatrust. (Pixabay.com/KELLEPICS)

NEWSmedia - Penghujung tahun 2022 ini banyak sekali bencana gempa yang mengguncang beberapa wilayah di Indonesia, salah satunya gempa Cianjur dengan 5,6 Magnitudo.

Gempa Cianjur berkekuatan 5,6 Magnitudo yang menyebabkan sejumlah bangunan rusak dan korban jiwa efek guncangan tersebut, bahkan kemungkinan masih ada gempa susulan.

Sebagaimana sudah diprediksi BMKG sebelumnya terkait gempa 8,9 Magnitudo, melihat fenomena gempa yang terjadi dimana-mana makin memperkuat potensi tsunami raksasa 34 meter.

Baca Juga: BMKG Nobatkan Cianjur Sebagai Rawan Gempa Permanen Berpotensi Seismik Aktif di 5 Segmentasi Wilayah

Meski BMKG sekalipun tidak mengetahui kapan terjadinya tsunami raksasa 34 meter, guncangan gempa di beberapa wilayah mampu membangkitkan gempa berkekuatan 8,9 Magnitudo.

Gempa 8,9 Magnitudo diakibatkan gerakan relatif lempeng yang tidak terbendung tekanan terakumulasi di area 2 lempeng dan akhirnya saling mengunci sehingga dilepaskan melalui gempa megathrust.

Adanya kekuatan yang ditahan kemudian terlepas sehingga membangkitkan gempa 8,9 Magnitudo berpotensi tsunami raksasa 34 meter melebihi tsunami Aceh pada 26 Desember 2004 lalu.

Baca Juga: Prediksi Gempa Magnitude 8,9 Berpotensi Tsunami Raksasa 34 Meter di Indonesia: Cek Penyebab dan Wilayah

Berdasarkan informasi BMKG terkait gempa Cianjur yang baru saja terjadi, patahan geser sesar Cimandiri dikawasan potensi seismik aktif bisa menjadi pemicu tsunami raksasa 34 meter.

Halaman:

Editor: Adam Adhary Abimanyu

Tags

Artikel Terkait

Terkini