• Sabtu, 10 Desember 2022

Potensi Gempa 6,0 Magnitudo Bakal Ancam Jakarta, Prediksi Guncangan Lebih Kuat Efek Sesar Baribis

- Rabu, 23 November 2022 | 17:16 WIB
Ilustrasi gempa dahsyat magnitude 8,9 (Pixabay.com/Angelo_Giordano)
Ilustrasi gempa dahsyat magnitude 8,9 (Pixabay.com/Angelo_Giordano)

NEWSmedia - Gempa berkekuatan 5,6 Magnitudo pada Senin 21 November 2022 lalu yang mengakibatkan banyak korban jiwa tentu saja menjadi alarm bagi kita semua.

Mitigasi di daerah rawan gempa juga perlu kita lakukan, salah satunya yakni Ibukota Jakarta yang memiliki potensi gempa 6,0 Magnitudo akibat Sesar Baribis.

Gempa 6,0 Magnitudo efek dari Sesar Baribis kemungkinan terjadi lantaran Ibukota Jakarta memiliki tanah yang lunak, lalu apa itu sebenarnya Sesar Baribis?

Baca Juga: BMKG Nobatkan Cianjur Sebagai Rawan Gempa Permanen Berpotensi Seismik Aktif di 5 Segmentasi Wilayah

Menurut Peneliti Pusat Riset Kebencanaan Geologi BRIN, Sesar Baribis merupakan rekahan aktif yang membentang dari Timur hingga Barat Pulau Jawa.

Sesar Baribis juga melintasi sisi Barat Subang Purwakarta, Bekasi, Depok hingga Ibukota Jakarta dan diprediksi memiliki potensi gempa 6,0 Magnitudo.

Prediksi gempa 6,0 Magnitudo yang ancam Ibukota Jakarta tentunya perlu mitigasi dan antisipasi lantaran mengingat guncangannya lebih kuat dari gempa Cianjur.

Baca Juga: Gempa dimana-mana, Prediksi Tsunami Raksasa 34 Meter Semakin Kuat: BMKG Himbau Waspada Guncangan 8,9 Magnitudo

"Sebenarnya kita juga masih sedang menghitung kembali berapa seismik Hazard yang nanti bisa ditimbulkan dari apa," ujar Nuraini Rahma Hanifa selaku Peneliti Pusat Riset Kebencanaan Geologi BRIN sebagaimana dikutip NEWSmedia melalui kanal YouTube CNN Indonesia pada Rabu, 23 November 2022.

Halaman:

Editor: Adam Adhary Abimanyu

Tags

Artikel Terkait

Terkini