• Kamis, 2 Desember 2021

Newsmedia Siap Jadi Laboratorium Merdeka Belajar Mahasiswa Komunikasi UIN Banten

- Rabu, 4 Agustus 2021 | 20:36 WIB
Rapih Herdiansyah, Chief Executive Officer (CEO) Newsmedia bersama Dekanat Fakultas Dakwah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten dalam acara workshop Peninjauan Kurikulum, Rabu, 4 Agustus 2021. (NEWSmedia)
Rapih Herdiansyah, Chief Executive Officer (CEO) Newsmedia bersama Dekanat Fakultas Dakwah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten dalam acara workshop Peninjauan Kurikulum, Rabu, 4 Agustus 2021. (NEWSmedia)

NEWSmedia – Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menjadi sebuah terobosan baru bagi dunia pendidikan.

Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) itu memperbolehkan mahasiswa untuk menjalankan proses pembelajaran di luar kampus, dan menjadi kegiatan perkuliahan.

Sebagaimana diketahui, kebijakan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) tersebut wajib diterapkan oleh seluruh perguruan tinggi berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

Baca Juga: Tus Kuncung, Qori Nasional Pertama Asal Banten, Pernah Menjadi Imam Solat Subuh Buya Hamka

Sejumlah perguruan tinggi pun tengah menyiapkan untuk menjalankan program tersebut. Salah satunya Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Mereka menyusun kurikulum berbasis Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang akan diterapkan untuk perkuliahan tahun akademik 2021-2022.

“Kami perwakilan dari user, manajemen redaksi media online (newsmedia.co.id) akan mendukung program Merdeka Belajar mahasiswa di kampus UIN Banten. Newsmedia siap jadi laboratorium Merdeka Belajar mahasiswa, khususnya mahasiswa jurusan komunikasi,” kata Rapih Herdiansyah, Chief Executive Officer (CEO) Newsmedia, dalam acara workshop Peninjauan Kurikulum yang diselenggarakan Fakultas Dakwah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, Rabu, 4 Agustus 2021.

Baca Juga: Link Download Logo HUT RI ke-76, Lengkap dengan Arti, Filosofi dan Panduan Penggunannya

Ia mengungkapkan, sejauh ini sudah banyak mahasiswa yang menjadi penulis artikel (content writer) di newsmedia.co.id. Sebagian besar adalah mahasiswa Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) yang mengambil mata kuliah tentang jurnalistik dan media.

“Dengan adanya program Merdeka Belajar ini, kerjasama antara newsmedia dengan kampus bisa lebih diperluas lagi. Jadi bukan hanya untuk mahasiswa yang magang atau PPL 1 bulan, tetapi newsmedia bisa jadi tempat kuliahnya mahasiswa selama 1 semester, bahkan bisa lanjut untuk meniti karier,” terangnya.

Hal itu pun disambut baik, pihak Fakultas Dakwah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten memberi apresiasi adanya tawaran newsmedia untuk menjadi laboratorium Merdeka Belajar mahasiswa.

Halaman:

Editor: Fauzan KR

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X