• Sabtu, 10 Desember 2022

Guncangan Lebih Kuat dari Gempa Cianjur Hingga 6,0 Magnitudo: Cek Penyebab dan Apa Saja Wilayah Terdampak

- Kamis, 24 November 2022 | 07:57 WIB
Ilustrasi Gempa 6,0 Magnitudo (Pixels- Angelo_Diardano)
Ilustrasi Gempa 6,0 Magnitudo (Pixels- Angelo_Diardano)

NEWSmedia - Info terkini Peneliti Pusat Riset Kebencanaan Geologi BRIN baru saja menyampaikan prediksi guncangan 6,0 Magnitudo yang mana kekuatannya lebih kuat dari gempa Cianjur pada Senin, 21 November 2022 lalu.

Selain dari efek gempa dimana-mana, prediksi guncangan 6,0 Magnitudo lebih kuat dari gempa Cianjur diduga bukanlah untuk yang pertama kali terjadi.

Menurut Peneliti Pusat Riset Kebencanaan Geologi BRIN, Ibukota Jakarta tercinta menjadi salah satu wilayah bakal terkena gempa lebih kuat dari gempa Cianjur yakni dengan kekuatan 6,0 Magnitudo.

Baca Juga: Gempa dimana-mana, Prediksi Tsunami Raksasa 34 Meter Semakin Kuat: BMKG Himbau Waspada Guncangan 8,9 Magnitudo

Kekuatan 6,0 Magnitudo melebihi gempa Cianjur diakibatkan efek Sesar Baribis yang mana merupakan bagian dari segmentasi pemicu guncangan dahsyat.

"Sebenarnya kita juga masih sedang menghitung kembali berapa seismik Hazard yang nanti bisa ditimbulkan dari apa," ujar Nuraini Rahma Hanifa selaku Peneliti Pusat Riset Kebencanaan Geologi BRIN sebagaimana dikutip NEWSmedia melalui kanal YouTube CNN Indonesia pada Kamis, 24 November 2022.

"Dari gempa di Jakarta ini potensinya itu bisa mencapai 6,0 Magnitudo," sambungnya.

Baca Juga: Potensi Gempa 6,0 Magnitudo Bakal Ancam Jakarta, Prediksi Guncangan Lebih Kuat Efek Sesar Baribis

Peneliti Pusat Riset Kebencanaan Geologi BRIN menjelaskan potensi gempa 6,0 Magnitudo di Ibukota Jakarta akan menyerupai gempa Cianjur.

Halaman:

Editor: Adam Adhary Abimanyu

Tags

Artikel Terkait

Terkini