Alasan Indonesia dan Jepang Sering diguncang Gempa: Cek Penyebab dan 3 Negara Lainnya di Kawasan Cincin Api

- Senin, 28 November 2022 | 12:12 WIB
Ilustrasi gempa Indonesia dan Jepang (Pixabay.com/Angelo_Giordano)
Ilustrasi gempa Indonesia dan Jepang (Pixabay.com/Angelo_Giordano)

NEWSmedia - Penghujung tahun 2022 banyak sekali bencana gempa yang kerap melanda Indonesia, bahkan diantaranya juga sering terjadi di Jepang dan beberapa negara lainnya.

Indonesia menjadi salah satu negara yang mengalami bencana gempa dahsyat pada 26 Desember 2004 lalu (gempa Aceh 9,3 Magnitudo) dan terbaru di Cianjur pada Senin, 21 November 2022 berkekuatan 5,6 Magnitudo.

Indonesia dan Jepang memang menjadi zona rawan gempa diantara tiga negara lainnya, hal itu disebabkan oleh serangkaian gunung berapi yang terletak di Ring of Fire atau cincin api.

Baca Juga: Guncangan Lebih Kuat dari Gempa Cianjur Hingga 6,0 Magnitudo: Cek Penyebab dan Apa Saja Wilayah Terdampak

Ring of Fire atau cincin api membentang hampir 40.250 Kilometer disekitar Samudera Pasifik bertepatan dengan jarak antara Indonesia dan Jepang yang sangat berdekatan berdasarkan penelitian.

Menurut United States Geological Survey, Jepang merupakan negara yang sering terjadi gempa dahsyat lantaran memiliki Seismik Aktif lebih padat dibandingkan negara lainnya.

Berdasarkan Ring of Fire atau cincin api yang membentang seperti tapal kuda, beberapa gunung berapi aktif ditemukan berdekatan dengan letak Indonesia dan Jepang.

Baca Juga: Potensi Gempa 6,0 Magnitudo Bakal Ancam Jakarta, Prediksi Guncangan Lebih Kuat Efek Sesar Baribis

Indonesia dan Jepang berada dalam wilayah Ring of Fire atau cincin api yang menjadikannya dikenal sebagai negara rawan guncangan gempa dahsyat.

Halaman:

Editor: Adam Adhary Abimanyu

Tags

Artikel Terkait

Terkini