Institusionalisasi Pancasila di Pemda, BPIP Optimalkan Kerjasama dengan Kemendagri

- Selasa, 29 November 2022 | 14:51 WIB
Institusionalisasi Pancasila di Pemda, BPIP Optimalkan Kerjasama dengan Kemendagri (NEWSmedia)
Institusionalisasi Pancasila di Pemda, BPIP Optimalkan Kerjasama dengan Kemendagri (NEWSmedia)

NEWSmedia - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) melalui Deputi Hubungan Antar Lembaga, Sosialisasi, Komunikasi dan Jaringan menyelenggarakan Diskusi Kelompok Terpumpun (DKT) Optimalisasi Kerjasama antar BPIP dan Kementerian Lembaga di Jakarta pada Senin, 28 November 2022.

Direktur Hubungan Antar Lembaga dan Kerjasama BPIP Elfrida Herawati Siregar, S.P., M.M mengatakan tujuan kegaiatan tersebut merupakan tindak lanjut nota kesepahaman dengan Kementerian Dalam Negeri.

"Kegiatan ini juga dalam upaya menghimpun pandangan, gagasan serta rencana dalam mengevaluasi maupun menindaklanjuti nota kesepahaman antar lembaga", ujarnya.

Baca Juga: Tes IQ Tebak Angka Ini Akan Memberikan Jawaban Mengejutkan, Amati Gambar dan Apa Hasilnya

Disamping itu diskusi secara hybrid itu dalam mengkoordinasikan dan mensinergikan program dan kegiatan Pembinaan Ideologi Pancasila dengan program dan kegiatan.

Dirinya berharap DKT bersama Kemendagri ini sebagai Pilot Project Rencana Aksi Pembinaan Ideologi Pancasila.

Ruang lingkup atau sekala prioritas kegiatan ini adalah sebagai institusionalisasi dan internalisasi Pancasila, kerjasama mukti pihak dan pengendalian, evaluasi PIP.

Baca Juga: Tes IQ Hari Ini, Temukan Ibu Kandung dari Salah Satu Wanita dalam Gambar: Penasaran, Cek Jawabannya Sekarang

"Ruang lingkup nota kesepahaman ini diantaranya adalah mengidentifikasi peraturan daerah yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan nilai Ideologi Pancasila dalam program dan kegiatan pemerintah daerah", paparnya.

Ia mengakui dari hasil kajian dan analisis belum dikoordinasikan bersama Kemendagri untuk tindak lanjut terhadap  Perda yang dianggap bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila.

Halaman:

Editor: Fauzan KR

Tags

Artikel Terkait

Terkini