Gubernur, Bupati dan Walikota Luar Jawa Barat Wajib Bantu Korban Gempa Cianjur, Simak Nih SE Mendagri

- Kamis, 1 Desember 2022 | 07:00 WIB
Pj Gubernur Banten Almuktabar mengaku siap melaksanakan SE Mendagri yang berisi imbauan untuk membantu korban gempa Cianjur. (Foto: Biro Adpim Setda Pemprov Banten)
Pj Gubernur Banten Almuktabar mengaku siap melaksanakan SE Mendagri yang berisi imbauan untuk membantu korban gempa Cianjur. (Foto: Biro Adpim Setda Pemprov Banten)

NEWSmedia – Korban gempa Cianjur dan Sukabumi masih membutuhkan uluran tangan. Berbagai bantuan tentu sangat diharapkan, pasca musibah yang menelan ratusan korban jiwa.

Bukan hanya itu, ribuan rumah juga rusak, bahkan ratusan diantaranya rusak parah. Gubernur, Bupati dan Walikota di luar Jawa Barat.

Perintah itu tertuang dalam SE Mendagri Tito Karnavian dalam sebuah imbauan yang dilayangkan di seluruh daerah di Indonesia.

Baca Juga: Memukau! Ini Sederet Fakta Menarik Film Decibel Full Movie, Nomor 2 Banyak Dinantikan Penonton

Imbauan itu tertuang dalam Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 900.1.1/8479/SJ tentang Bantuan Keuangan Kepada Pemerintah Kabupaten Cianjur Dalam Rangka Penanganan Masyarakat Terdampak Bencana Alam.

“Mempertimbangkan kondisi darurat dan kondisi tertentu lainnya, Gubernur, Bupati/ Wali Kota diharapkan memberikan bantuan keuangan kepada Pemerintah Kabupaten Cianjur yang bersumber dari APBD masing-masing, sesuai dengan kemampuan keuangan daerah dan mekanisme sebagaimana diatur dalam ketentuan peraturan perundang-undangan,” tertulis dalam SE Mendagri itu.

Menanggapi hal itu, Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar mengatakan dengan telah terbitnya SE Mendagri tersebut dapat menjadi sebuah landasan untuk Pemerintah Daerah membantu Pemkab Cianjur.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Nonton Film Decibel di Bioskop Indonesia, dari Pemain Hingga Cerita di Baliknya

Penanganan pasca bencana alam dengan mengalokasikan pembiayaan yang bersumber dari APBD seperti Biaya Tidak Terduga (BTT) yang digeser menjadi Bantuan Keuangan.

“Kementerian Dalam Negeri telah mengeluarkan surat edaran sebagai landasan kita secara spesifik jika akan mengalokasikan pembiayaan dari sumber APBD, misalnya melalui BTT,” ujar Pj Gubernur Banten Almuktabar.

Halaman:

Editor: Adam Adhary Abimanyu

Tags

Artikel Terkait

Terkini