Geger Ribuan Ikan Naik ke Daratan Kuatkan Prediksi Tsunami, BMKG Himbau Agar Tetap Tenang: Cek Lokasi Terkait

- Kamis, 1 Desember 2022 | 11:57 WIB
Fenomena ribuan ikan naik ke daratan dermaga Pulau Onrust  (Tangkap layar TikTok @aditrieky)
Fenomena ribuan ikan naik ke daratan dermaga Pulau Onrust (Tangkap layar TikTok @aditrieky)

NEWSmedia - Viral di media sosial ribuan ikan naik ke daratan di sekitar pantai dan beberapa pulau hingga menghebohkan masyarakat terkait prediksi gempa berpotensi tsunami baru-baru ini.

Sebelum fenomena ribuan ikan naik ke daratan, BMKG menyebut fenomena gempa dimana-mana bisa saja membangkitkan potensi tsunami yang di prediksi bakal ancam beberapa wilayah di Indonesia.

Bahkan prediksi terkini BMKG mengungkapkan adanya potensi gempa 6,0 Magnitudo di Ibukota Jakarta lantaran efek patahan geser Sesar Baribis.

Baca Juga: Fakta Gempa Berpotensi Tsunami di Indonesia, Bukan Hanya Cianjur dan Aceh: Cek Penyebab dan Kekuatan Magnitudo

"Segerombolan ikan yang naik ke daratan dari pesisir atau di garis pantai naik daratan, para peneliti masih menduga perlu penelitian lebih lanjut," ujar Eko Prasetyo selaku Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG yang dikutip NEWSmedia melalui kanal YouTube Metro Tv pada Kamis, 1 Desember 2022.

Sebagaimana dikatakan Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG, fenomena ribuan ikan naik ke daratan masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan penyebabnya.

Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG menyebut fenomena ribuan ikan naik ke daratan yang tengah viral di media sosial bukanlah pemicu terjadinya gempa berpotensi tsunami.

Baca Juga: Alasan Indonesia dan Jepang Sering diguncang Gempa: Cek Penyebab dan 3 Negara Lainnya di Kawasan Cincin Api

"Disebabkan oleh perbedaan kadar oksigen dari laut yang lebih Tengah ke pesisir atau garis pantai," jelas Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG.

Halaman:

Editor: Adam Adhary Abimanyu

Tags

Artikel Terkait

Terkini