Penjelasan Terkait Ribuan Ikan Naik ke Daratan Jakarta, BMKG: Cek Penyebab dan Waspada Skenario Terburuk

- Kamis, 1 Desember 2022 | 12:12 WIB
Fenomena ribuan ikan naik ke daratan dermaga Pulau Onrust  (Tangkap layar TikTok @aditrieky)
Fenomena ribuan ikan naik ke daratan dermaga Pulau Onrust (Tangkap layar TikTok @aditrieky)

NEWSmedia - Geger ribuan ikan naik ke daratan menjadi viral di media sosial terlebih dengan adanya gempa dimana-mana yang mengkhawatirkan potensi tsunami.

Pada prediksi BMKG sebelumnya bahwa gempa yang terjadi dimana-mana bisa menjadi salah satu pemicu potensi tsunami, namun untuk fenomena ribuan ikan naik ke daratan masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut.

BMKG menghimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak panik lantaran fenomena ribuan ikan naik ke daratan Dermaga Pulau Onrust Kepulauan Seribu, Jakarta Selatan.

Baca Juga: Prediksi Gempa Magnitude 8,9 Berpotensi Tsunami Raksasa 34 Meter di Indonesia: Cek Penyebab dan Wilayah

Khususnya bagi masyarakat Jakarta dan sekitarnya untuk tetap waspada terlebih sebelumnya juga sempat dikabarkan bakal diguncang gempa 6,0 Magnitudo.

Menanggapi fenomena ribuan ikan naik ke daratan Dermaga Pulau Onrust Kepulauan Seribu Jakarta Selatan, Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG klaim bahwa itu bukanlah pertanda gempa berpotensi tsunami.

"Segerombolan ikan yang naik ke daratan dari pesisir atau di garis pantai naik daratan, para peneliti masih menduga perlu penelitian lebih lanjut," ujar Eko Prasetyo selaku Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG yang dikutip NEWSmedia melalui kanal YouTube Metro Tv pada Kamis, 1 Desember 2022.

Baca Juga: Geger Ribuan Ikan Naik ke Daratan Kuatkan Prediksi Tsunami, BMKG Himbau Agar Tetap Tenang: Cek Lokasi Terkait

Tak hanya di Pulau Onrust Jakarta Selatan, ribuan ikan juga terdampar di sekitar Pantai Mutiara Pluit Jakarta Utara dan sejumlah pulau lainnya di Kepulauan Seribu.

Halaman:

Editor: Adam Adhary Abimanyu

Tags

Artikel Terkait

Terkini