Garut Diguncang Gempa Magnitudo 6,4, Terasa hingga Pelabuhan Ratu, Kawasan Sumur Banten dan Jawa Tengah

- Sabtu, 3 Desember 2022 | 17:36 WIB
Gempa Maginuto 6,4 terjadi di Kabupaten Garut. (Foto: Tangkap Layar Twitter BMKG)
Gempa Maginuto 6,4 terjadi di Kabupaten Garut. (Foto: Tangkap Layar Twitter BMKG)

NEWSmedia – Dampak Gempa Cianjur belum juga usai, baru saja kembali terjadi gempa 6,4 Magnitido di Kabupaten Garut, Sabtu 3 Desember 2022.

‪Informasi BMKG menyebutkan gempa tersebut berada pada kedalaman 118 km. Pusat gempa terjadi di laut, tepatnya di dalam lempeng samudera.  Namun begitu, tidak berpotensi terjadi tsunami.

Gempa terjadi pada pukul 16.49:41 pada koordinat 7.51 LS-107.52 BT (52 km BaratDaya KAB-GARUT-JABAR).

Baca Juga: Alasan Jefri Nichol Ajak Haters Adu Tinju Terungkap, Netizen: Kaya Gak Ada Cara Lain

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menyatakan, gempa itu terjadi di laut namun bukan di tengah laut. “Pusat gempa berada di dalam lempeng samudera, di laut. Tapi bukan di tengah laut, lebih dekat ke darat,” katanya.

Dwikorita juga menyampaikan, bahwa gempa Magnitudo 6,4 di Kabupaten Garut terasa hingga Banten dan Jawa Tengah.

Kekuatan gempa atau Skala MMI (Modified Mercalli Intensity) terbesar berada di Kabupaten Garut, Bandung dan Pelabuhan Ratu, yakni berada di 4 MMI.

Baca Juga: Jadwal Resmi Babak 16 Besar 1 - 8 Hingga Final Piala Dunia 2022 Lengkap: Lokasi, Live, dan link download Bagan

Sedangkan 2 sampai 3 MMI terjadi hingga wilayah Purwerejo, Jawa Tengah. Kekuatan gempa 3 MMI berada di wilayah Kalapa Nunggal, Sumur Pandeglang, Ciamis dan Tasik.

“Potensi kerusakan berada pada wilayah-wilayah 4 MMI, jika bangunan-bangunan tidak standar gempa bumi,” ujar Dwikorita lagi.

Halaman:

Editor: Adam Adhary Abimanyu

Tags

Artikel Terkait

Terkini