• Kamis, 2 Desember 2021

Ini Asyiknya Program Kampus Merdeka, Mahasiswa Nggak Kuliah Tapi Bisa Dapat SKS

- Kamis, 5 Agustus 2021 | 06:30 WIB
Foto ilustrasi mahasiswa mengikuti program wirausaha yang termasuk dalam program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. (Dok. NEWSmedia)
Foto ilustrasi mahasiswa mengikuti program wirausaha yang termasuk dalam program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. (Dok. NEWSmedia)

NEWSmedia - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) membuat kebijakan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang diterapkan di perguruan tinggi. Melalui program itu, mahasiswa bisa pilih kegiatan di luar kampus sebagai pengganti kuliah dan bisa menjadi perhitungan sistem kredit semester (SKS).

Sebagaimana dijelaskan dalam laman kampusmerdeka.kemdikbud.go.id, program Kampus Merdeka merupakan program persiapan karier yang komprehensif untuk mempersiapkan generasi terbaik Indonesia.

Kampus Merdeka merupakan bagian dari kebijakan Merdeka Belajar yang dicanangkan Kemendikbud yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengasah kemampuan sesuai minat dan bakat.

Baca Juga: Kapan Waktu Terbaik Kirim Email Lamaran Kerja? Simak Penjelasannya di Sini

Dengan program Kampus Merdeka, mahasiswa diarahkan untuk terjun langsung ke dunia kerja, sebagai persiapan karier masa depan.

Asyiknya, program Merdeka Belajar Kampus Merdeka ini menjadikan kegiatan praktik di lapangan sebagai aktivitas perkuliahan, dan bisa dihitung menjadi kredit semester.

Artinya mahasiswa dianggap sudah menyelesaikan SKS meskipun tidak mengikuti perkuliahan. Praktik lapangan itu-lah yang dianggap sebagai kegiatan perkuliahan.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menekankan agar perguruan tinggi dan dosen mendukung mahasiswanya untuk mengikuti program Kampus Merdeka dan mempermudah konversi SKS.

Baca Juga: Newsmedia Siap Jadi Laboratorium Merdeka Belajar Mahasiswa Komunikasi UIN Banten

Kampus Merdeka adalah hak mahasiswa untuk belajar di luar kampus atau prodinya,” kata Nadiem.

Halaman:

Editor: Rapih Herdiansyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X