• Rabu, 1 Desember 2021

Tahapan Seleksi Mahasiswa Baru PKN STAN Diundur, Kuota 275 Jadi Rebutan 17.712 Orang

- Kamis, 5 Agustus 2021 | 10:34 WIB
Kegiatan kuliah umum yang diikuti seluruh mahasiswa tingkat I PKN STAN beberapa waktu lalu. (Instagram.com/@pknstan edit by NEWSmedia)
Kegiatan kuliah umum yang diikuti seluruh mahasiswa tingkat I PKN STAN beberapa waktu lalu. (Instagram.com/@pknstan edit by NEWSmedia)

NEWSmedia - Setiap tahun penerimaan mahasiswa baru Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN selalu banyak peminat. Pada 2020 PKN STAN tidak membuka seleksi penerimaan mahasiswa baru (SPMB), namun di 2021 ini mulai buka.

PKN STAN merupakan transformasi dari sekolah kedinasan yang cukup dikenal yaitu Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN). STAN bertugas melahirkan atau menyediakan SDM berkompeten dan berintegritas di bidang keuangan negara.

Organisasi dan Tata Kerja Politeknik Keuangan Negara STAN diatur melalui Peraturan Menteri Keuangan RI No. 137/PMK.01/ 2015. Dengan demikian PKN STAN merupakan lembaga pendidikan di bawah naungan Kementerian Keuangan.

PKN STAN menyelenggarakan program studi setingkat Diploma IV (D4) dengan 3 jurusan yaitu Akuntansi Sektor Publik, Manajemen Keuangan Negara dan Manajemen Aset Publik.

Untuk masuk menjadi mahasiswa PKN STAN, peserta harus mendaftar melalui portal https://sscasn.bkn.go.id, sama halnya mendaftar jadi calon pegawai negeri sipil (CPNS).

Ada dua program yang bisa ditempuh untuk masuk ke STAN, yaitu program Reguler dan Afirmasi yang ada di dalam formasi Kementerian Kauangan.

Program Reguler diperuntukan bagi calon mahasiswa baru dari seluruh wilayah di Indonesia secara umum. Sedangkan program Afirmasi adalah program penerimaan mahasiswa baru yang dikhususkan untuk putra-putri dari Provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

Pada seleksi penerimaan mahasiswa baru PKN STAN tahun 2021, jumlah kuota yang dibutuhkan sebanyak 275. Alokasi kuota di tiap program studi sebagai berikut:

D4 Akuntansi Sektor Publik: 64 formasi

D4 Manajemen Keuangan Negara: 159 formasi

Halaman:

Editor: Rapih Herdiansyah

Tags

Terkini

X