Bukan Megatrusth Seperti Cianjur dan Garut, BMKG Sebut Gempa Sukabumi Hari Ini Ada di Zona Benioff, Apa Itu?

- Kamis, 8 Desember 2022 | 19:13 WIB
Gempa bumi melanda Sukabumi hari ini Kamis 8 Desember 2022.  (Tangkap layar Twitter/@bmkg)
Gempa bumi melanda Sukabumi hari ini Kamis 8 Desember 2022. (Tangkap layar Twitter/@bmkg)

NEWSmedia - BMKG sebut gempa yang berpusat di Kota Sukabumi sebagai gempa Benioff, apa itu gempa di zona Benioff? berikut penjelasannya.

Pada Kamis 8 Desember 2022, telah terjadi gempa bumi 5.8 Magnitudo yang melanda daerah Kota Sukabumi tepat pada pukul 07.50 WIB dan disebut sebagai gempa di zona Benioff.

Pernyataan adanya Gempa zona Benioff ini dikeluarkan langsung oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pada hari ini dalam keterangan resmi soal Gempa Sukabumi.

Baca Juga: Baru Rilis! Kode Redeem Higgs Domino Hari Ini Jumat 9 Desember 2022: Kamu Bisa Klaim Chip Gratis Sampai 98B!

Seperti kita tahu bahwa perhari ini telah terjadi gempa yang secara resmi diumumkan oleh BMKG "#Gempa Mag: 5,8, 08-Des-22, 07: 50: 57 WIB, Lok: 7.11 LS, 106.99 BT, (22 km Tenggara Kota-Sukabumi-Jabar), Kdlmn:104 Km, tdk berpotensi Tsunami#BMKG" tulis pernyataan resmi BMKG pada Kamis 8 Desember 2022 dikutip NEWSmedia dari akun resmi.

Pihak BMKG menyebut bahwa gempa Sukabumi ini berbeda dari gempa bumi yang melanda Cianjur dan Garut dan disebutkan sebagai gempa Zona Benioff.

"Deformasi bantuan dalam lempeng, pada lempeng indo-australia atau populer di sebut sebagai gempa zona Benioff" Ungkap Daryono pada konferensi pers menjelaskan kondisi gempa Sukabumi.

Baca Juga: Seberapa Rumit Hidupmu? Cek Tingkatannya di Link Ujian Google Form + Cara Main, Update 8 Desember 2022

Pada peristiwa gempa biasanya terjadi di zona Megatrust yaitu gempa yang terjadi pada bagian dangkl suatu lajur subduksi yang memiliki sudut tukik yang landai.

lalu apa Gempa Benioff sebenernya? Gempa Benioff atau zona Benioff menurut keterangan BMKG Denpasar adalah Gempa yang terjadi pada bagian dalam suatu lajur Subduksi yang mempunyai sudut tukik yang curam.

Halaman:

Editor: Ilah Rohilah

Tags

Artikel Terkait

Terkini