• Selasa, 27 September 2022

Ternyata Kecerdasan Emosional Berperan Penting Bagi Kesuksesan Seseorang, Ini Penjelasannya

- Sabtu, 7 Agustus 2021 | 12:45 WIB
Foto ilustrasi. (Unsplash)
Foto ilustrasi. (Unsplash)

NEWSmedia - Tahukah kamu kecerdasan emosional dapat mempengaruhi kesuksesan? Sejumlah ahli berpendapat bahwa kecerdasan emosial menjadi penentu dibandingkan kecerdasan intelektual.

Diketahui, manusia memiliki 2 kemampuan kecerdasan, yaitu kecerdasan emosional atau emotional quotient (EQ) dan kecerdasan intelektual atau intelligence quotient (IQ).

Kecerdasaan emosional berkaitan dengan sikap seseorang dalam menerima, menilai, mengelola, serta mengontrol emosi dirinya dan orang lain di sekitar.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Orang Pendiam, Lengkap dengan Alasannya

Sedangkan kecerdasan intelektual adalah kemampuan seseorang dalam menalar, merencanakan, memecahkan masalah, berpikir abstrak, memahami gagasan, menggunakan bahasa, daya tangkap dan belajar.

Berikut ini mari kita simak ilustrasi yang menggambarkan bahwa kecerdasan emosional dapat mempengaruhi kesuksesan.

Afi dan Via memiliki dua kepribadian yang berbeda. Via selalu bersemangat dan selalu datang pertama ke kantor, dan para rekan kerja mengaguminya karena sifatnya yang baik hati, hormat dan mudah bekerja sama.

Baca Juga: Tips LDR agar Langgeng Sampai Menikah, Nomor 5 Paling Mudah!

Sementara Afi memiliki sifat keterbalikan dari Via. Walaupun Afi cerdas secara IQ, namun memiliki kebijaksanaan dan empati yang rendah. Dengan kecerdasan emosional yang dimiliki Via, akhirnya ia pun dipromosikan, sedangkan Afi tidak.

Hal ini menunjukan bahwa kecerdasan intelektual kurang berarti, apabila kecerdasan emosional tidak dimiliki. Sekaligus membuktikan bahwa kecerdasan emosional sangat memengaruhi kesuksesan seseorang.

Halaman:

Editor: Rapih Herdiansyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini