• Selasa, 30 November 2021

Ini yang Disebut Merdeka Belajar, Mahasiswa Fakultas Sains UIN Banten Bisa Ambil Kuliah di 9 Kampus UIN Lain

- Sabtu, 7 Agustus 2021 | 14:04 WIB
Mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. (Septiani/NEWSmedia)
Mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. (Septiani/NEWSmedia)

NEWSmedia - Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se-Indonesia berkolaborasi untuk menerapkan pelaksanaan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang digagas Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim.

Penerapan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang dilakukan adalah program pertukaran mahasiswa, seperti yang dirancang oleh forum Fakultas Sains dan Teknologi di 9 Universitas Islam Negeri (UIN) di Indonesia.

Mereka menerapkan Merdeka Belajar bagi mahasiswa melalui program Permata yaitu Pertukaran Mahasiswa Tanah Air. Program ini perdana dan menjadi pilot project di lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI).

Baca Juga: Abah Thowil Jawilan, Kiai Banten yang Tidak Mempan Dibakar Perampok

Adapun 9 perguruan tinggi yang berkolaborasi dalam program pertukaran mahasiswa itu, antara lain UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, UIN Raden Fatah Palembang, UIN Sultan Syarif Kasim Riau, UIN Sunan Ampel Surabaya, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, UIN syarif Hidayatullah Jakarta, UIN Sultan Thaha Saifudin Jambi, dan UIN Sumatera Utara.

Program pertukaran mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi di 9 kampus tersebut akan mulai dilaksanakan pada semester Ganjil tahun ajaran 2021/2022.

“Persiapan telah dilakukan sejak awal Juni oleh 9 konsorsium Fakultas Sains dan Teknologi yang dihadiri oleh Wadek I dari masing-masing UIN,” kata Wakil Dekan (Wadek) I Fakultas Sains UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, Dr. Asep Saefurohman, S.Si., M.Si kepada newsmedia.co.id.

Baca Juga: Kiai Fuad Halimi alias Aki Gunung, Ulama Sakti di Pandeglang yang Sholat Jum'atnya Sering di Mekah

Ia mengatakan, program pertukaran mahasiswa ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk kuliah di 9 Universitas Islam Negeri tersebut.

“Program Permata UIN akan menjadi program unggulan MBKM yang akan meningkatkan kompetensi mahasiswa Fakultas Sains, sehingga diharapkan menjadi lulusan yang unggul dan berkarakter sesuai visi misi,” kata Asep.

Halaman:

Editor: Rapih Herdiansyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X