Rata-Rata Besaran Gaji dari Pegawai Steward Hotel

- Kamis, 26 Januari 2023 | 00:44 WIB
informasi lowongan kerja terbaru untuk lulusan SMA/SMK dengan gaji diatas 3 juta di Depok (pixabay.com)
informasi lowongan kerja terbaru untuk lulusan SMA/SMK dengan gaji diatas 3 juta di Depok (pixabay.com)

NEWSmedia - Berapa gaji steward? Sebelum bicara soal gaji akan lebih baik kita bicarakan soal pengertiannya dahulu. Agar bahas gaji pun sudah paham apa steward itu?

Steward dan expeditor adalah dua pekerjaan yang kerap ada di hotel Restoran. Meski mirip tapi kenyataannya expeditor beda tugas dengan steward.

Steward memiliki tugas lebih banyak dan beragam. Sedang expeditor hanya menghubungkan depan dan belakang.

Misal, di sebuah restoran tugas expeditor hanya mengkomunikasikan dengan kitchen agar bahan makanan dimasak dengan baik dan memberikan demonstrasi pada tamu. Lalu apa job deskripsi steward?

Mengenal Steward dan Gajinya

Ada tiga jenis steward di dunia ini. Pertama hospitality, tranportasi dan olahraga. Tugas ketiganya memiliki tugas berbeda tapi satu jenis, yakni menghubungkan dan menyiapkan obyek tertentu berjalan dengan baik.

Misalnya steward olahraga, dia harus mempersiapkan pertandingan mulai dari bola dan lapangan, hingga membersihkan ketiga pertandingan sudah selesai.

Beda lagi dengan kitchen, dia akan memberikan dan mengantarkan pesanan makanan kepada pemesan, mengkomunikasikan kepada staf dapur agar makanan sesuai jadwal. Kadang dia menerima tamu yang datang ke restonya.

Lalu di hotel pun tugasnya berbeda lagi walau dalam satu jenis spesifikasi kerjaan. Sedangkan tugasnya secara umum adalah sebagai berikut.

Menjawab panggilan telepon dan memberikan informasi
• Menyiapkan dan meja, membersihkan meja
Mengatur dekorasi musiman
Memberikan informasi pada tamu
Menyiapkan laporan tahunan
 
Dengan tugas yang demikian beragam, seorang steward juga mendapat gajian.
 
Dilansir dari beberapa sumber, seorang steward di indonesia mendapatkan gaji antara 2 juta sampai dengan 4 juta rupiah. Kisaran gaji tersebut tentu saja berdasarkan dari kota, besar kecilnya perusahaan dan jam kerja.
 
Di kota kecil seperti Wonosobo, steward bahkan tidak dipakai. Andai dipakai gajinya pun paling banyak sesuai UMR daerah. Sedangkan di daerah seperti Semarang, yang merupakan kota metropolitan, gaji steward bisa mencapai 3 jutaan. Belum ditambah uang service yang diterima tahuna.
 
Sayangnya steward ini lebih identik dengan perusahaan kelas mewah. Jika hotel harus yang bintang lima, restoran pun yang mewah. Karena memang kenyamanan di hotel bintang lima dan kelas melati berbeda. Di kelas melati orang Cuma ingin tidur, makanya tanpa steward atau expeditor pun sudah jalan.
 
Tapi di hotel bintang lima, orang yang datang rela mengeluarkan uang sampai 5 juta semalam, mereka ingin pelayanan terbaik dan rasa nyaman yang bisa membuat mereka puas. Oleh karena itulah di hotel dan restoran besar harus pakai steward serta expeditor hotel agar pelayanan menjadi lebih maksimal.

Sekian informasinya, jika masih ingin info menarik seputar hotel dan wisata silakan berikut: https://hotelier.id/

Halaman:

Editor: Rapih Herdiansyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini