Deretan 6 Provinsi di Indonesia yang Aman dari Ancaman Tsunami, Nomor Lima Bikin Iri: Serius Gak Bahaya?

- Rabu, 1 Februari 2023 | 14:49 WIB
Ilustrasi gelombang tsunami di Indonesia. (Pixabay.com/CharlVera)
Ilustrasi gelombang tsunami di Indonesia. (Pixabay.com/CharlVera)

NEWSmedia - Indonesia merupakan salah satu negara yang dikelilingi oleh Ring of Fire atau cincin api sehingga rawan bencana gempa bumi bahkan berpotensi tsunami.

Di Indonesia terdapat 6 Provinsi yang diprediksi aman dari ancaman potensi tsunami, sebagian besar diperkirakan hanya mengalami gempa bumi dengan Magnitudo standar.

Penyebab mengapa tsunami terjadi di Indonesia yaitu akibat gempa bumi, letusan gunung berapi bawah laut, longsor bawah laut dan jatuhnya benda luar angkasa ke bumi.

Baca Juga: Gempa Terkini: Guncang Aceh Berkekuatan 6,2 Magnitudo Terasa Dahsyat Hingga Nias, Berpotensi Tsunami Lagi?

Indonesia sendiri merupakan negara yang masuk dalam kawasan cincin api Pasifik dengan 450 rangkaian gunung berapi tersebar di beberapa Provinsi.

Namun kendati demikian, ada 6 Provinsi di Indonesia yang di prediksi paling aman dari ancaman potensi tsunami meski tetap memungkinkan terjadi gempa bumi.

Berikut ini 6 Provinsi dari 38 Provinsi di Indonesia yang aman bencana tsunami:

Baca Juga: Info Gempa Hari Ini: 7 Kali Goyang Bandung Terasa Kuat di Pangalengan, Cek Magnitudo Foreshock dan Aftershock

1. Provinsi Kalimantan Tengah
Provinsi yang beribukota Palangkaraya ini masuk kedalam deretan aman dari ancaman potensi tsunami lantaran tidak terletak dipertemuan lempeng bumi dan tidak memiliki gunung berapi aktif.

Walaupun Kalimantan Tengah relatif jarang terjadi gempa bumi, BMKG mencatat pada tahun 2016 lalu Kabupaten Barito Utara dan Kabupaten Barito Selatan pernah digoyang gempa bumi berkekuatan 4,5 Magnitudo.

2. Provinsi Kalimantan Barat
Di Provinsi ini potensi tsunami relatif kecil lantaran tidak terletak di posisi pertemuan lempeng bumi dan tercatat tidak memiliki gunung berapi aktif.

Baca Juga: Special Awal Bulan! Harga Emas Hari Ini, Rabu 1 Februari 2023 Logam Mulia MiniGold Turun Hingga Rp4 Ribu

Namun kendati demikian, BMKG mencatat bahwa Kalimantan Barat pernah digoyang gempa bumi berkekuatan 5,0 Magnitudo pada tahun 2022 lalu.

3. Provinsi Sumatera Selatan
Perairan Provinsi Sumatera Selatan aman dari potensi tsunami. Selain lantaran diapit kepulauan Bangka Belitung, pusat gempa bumi yang berpotensi tsunami tidak berada di pantai Timur Sumatera.

Halaman:

Editor: Adam Adhary Abimanyu

Tags

Artikel Terkait

Terkini