• Kamis, 2 Desember 2021

16 Kampus Terbaik Indonesia Lengkap Dengan Tokoh-tokoh yang Menjadi Alumninya, UGM Nomor 1

- Selasa, 10 Agustus 2021 | 08:00 WIB
Museum UGM yang menjadi sejarah UGM, berisi benda-benda perkuliahan pertama di Keraton, benda peninggalan tokoh pendiri UGM, termasuk tempat tinggal Barack Obama waktu kecil di Jogja. (Dok. ditmawa.ugm.ac.id)
Museum UGM yang menjadi sejarah UGM, berisi benda-benda perkuliahan pertama di Keraton, benda peninggalan tokoh pendiri UGM, termasuk tempat tinggal Barack Obama waktu kecil di Jogja. (Dok. ditmawa.ugm.ac.id)

NEWSmedia - Setiap orang mempunyai keinginan untuk bisa kuliah di kampus terbaik. Dari banyak faktor yang dipilih, masa depan adalah salah satu alasan utama mengapa kita harus tepat memilih perguruan tinggi.

Untuk memilih kampus terbaik, tentu kita harus tahu dulu apa yang menjadi minat, termasuk mengenali kemampuan atau potensi diri yang dimiliki.

Faktor itu bisa dijadikan rujukan untuk menentukan program studi yang paling cocok. Setelah itu baru menentukan kampusnya. Kita ketahui bahwa setiap kampus memiliki keunggulan masing-masing.

Baca Juga: Tokoh Agama Meninggal Saat Menikahkan Warga, Detik-detik Sakaratul Maut Terekam Jelas di Video

Berikut ini 16 kampus terbaik di Indonesia berdasarkan penilaian Quacquarelli Symonds World University Rankings 2022 (QS WUR 2022). Diketahui, QS merupakan lembaga pemeringkatan universitas dunia.

Dari kampus-kampus yang telah di-ranking oleh QS, Newsmedia menambahkan informasi mengenai keunggulan dan siapa saja tokoh publik yang merupakan alumni dari masing-masing kampus tersebut:

1. UNIVERSITAS GAJAH MADA (UGM)

Universitas yang terletak di Bulaksumur, Caturtunggal, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta adalah salah satu kampus tertua di Indonesia. Universitas Gadjah Mada (UGM) mencatat ada 61.277 peminat  dari seluruh Indonesia. Dari jumlah tersebut, hanya 2.925 calon mahasiswa baru yang diterima di tahun 2021. Tidak salah UGM dijadikan Kampus impian No. 1 Versi QS WUR 2022.

UGM memiliki nama julukan Kampus Kerakyatan, Kampus Biru. Berdasarkan data dari Direktorat Kemitraan, Alumni dan Urusan Internasional, hingga saat ini UGM telah meluluskan lebih dari 300.000 alumni dan telah berkiprah di berbagai bidang kerja, formal maupun informal.

Baca Juga: FoMO, 'Penyakit' yang Bikin Orang Merasa Begitu Khawatir Ketinggalan Tren di Media Sosial

Halaman:

Editor: Rapih Herdiansyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X