• Kamis, 21 Oktober 2021

Berikut Nama Daerah di Indonesia yang Sering Tertukar dan Disalahpahami, Bukittinggi Ternyata Bukan di Padang

- Selasa, 10 Agustus 2021 | 10:21 WIB
Halaman depan Kantor Wali Kota Bukittinggi, Sumatera Barat. (Dok. bukittinggikota.go.id)
Halaman depan Kantor Wali Kota Bukittinggi, Sumatera Barat. (Dok. bukittinggikota.go.id)

NEWSmediaTahukah Anda banyak daerah di Indonesia yang tidak kita ketahui semua. Beberapa daerah ada yang sering tertukar karena namanya hampir sama, ada juga yang salah mengira.

Seperti halnya banyak orang yang menganggap Bukittinggi itu di Padang, dan di antara mereka pun menganggap bahwa kota Padang adalah keseluruhan Sumatera Barat. Atau ada juga yang menganggap Sleman itu ada di kota Jogja.

Berikut beberapa daerah yang dimaksud:

1. Purwokerto dan Purwakarta

Penyebutan dua daerah ini paling sering tertukar dan disalahpahami orang-orang. Benar memang kedua daerah tersebut hanya berbeda di huruf vokalnya, namun bukan berarti keduanya adalah kota yang sama.

Purwokerto adalah sebuah kota di Jawa Tengah, tepatnya ibu kota Banyumas. Sementara Purwakarta merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Barat.

Baca Juga: 16 Kampus Terbaik Indonesia Lengkap Dengan Tokoh-tokoh yang Menjadi Alumninya, UGM Nomor 1

Secara penggunaan bahasa saja sudah sangat jelas beda, Purwakarta menggunakan bahasa Sunda, sedangkan Purwokerto bahasa Jawa. Jadi bukan berarti bahasa Indonesianya Purwokerto itu Purwakarta ya.

2. Bangka dan Belitung

Pulau Bangka dan Belitung memang dipersatukan dalam satu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Dua daerah ini bukan sering tertukar lagi, tapi sering kali disalahpahami sebagai kawasan yang sama.

Halaman:

Editor: Rapih Herdiansyah

Tags

Terkini

X