Gempa Terkini: 2 Kali Goyang Banten Selisih Waktu Satu Detik Terasa di Sukabumi, dimana Saja Titik Gempa Bumi?

- Selasa, 7 Februari 2023 | 16:45 WIB
Peta Gempa Terkini di wilayah Banten pada Selasa 7 Februari 2023. (YouTube Lampau Nias)
Peta Gempa Terkini di wilayah Banten pada Selasa 7 Februari 2023. (YouTube Lampau Nias)

NEWSmedia - Banten kembali digoyang Gempa Terkini dengan kekuatan 5,2 Magnitudo dan 5,7 Magnitudo selisih waktu satu detik pada Selasa 7 Februari 2023.

Gempa Terkini di wilayah Banten merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia yang menunjam dibawah lempeng Eurasia.

Hasil analisis BMKG juga menunjukkan bahwa Gempa Terkini di wilayah Banten memiliki mekanisme pergerakan geser naik atau Oblique thrust.

Baca Juga: UPDATE! Gempa Turki Tewaskan Seribu Orang Lebih Termasuk di Suriah, Begini Kondisi Terkini

Gempa Terkini pada Selasa 7 Februari 2023 yang terjadi di wilayah Banten berpusat di Muara Binuangeun dan Bayah namun tidak berpotensi tsunami.

BMKG menghimbau masyarakat di wilayah Banten agar tetap tenang dan waspada akan kemungkinan terjadinya gempa bumi susulan.

Gempa Terkini di wilayah Muara Binuangeun Banten dengan kekuatan 5,2 Magnitudo kedalaman 10 Km pada pukul 07:35:50 WIB Selasa 7 Februari 2023.

Baca Juga: Info Gempa Hari Ini: Guncang Turki 7,8 Magnitudo Terasa Hingga Israel, Getaran Dahsyat Berpotensi Tsunami?

Lalu Gempa Terkini selanjutnya hanya selisih waktu satu detik di wilayah Bayah Banten dengan kekuatan 5,7 Magnitudo kedalaman 24 Km pada pukul 07:35:51 WIB.

Untuk gempa bumi Banten pada Selasa 7 Februari 2023 dapat dirasakan dengan skala intensitas II MMI, II-III MMI, III MMI dan III-IV MMI.

Skala intesitas II MMI artinya getaran gempa bumi dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung digantung bergoyang.

Baca Juga: Info Gempa Hari Ini: 2 Wilayah di Banten digoyang Gempa Bumi Selisih Waktu Satu Detik, Terasa Hingga Sukabumi?

Skala intensitas II-III MMI dan III MMI yang artinya getaran dirasakan nyata dalam rumah, getaran gempa bumi terasa seakan ada truk berlalu.

Skala intensitas III-IV MMI artinya bila siang hari getaran gempa bumi dapat dirasakan oleh orang banyak dalam rumah.

Halaman:

Editor: Adam Adhary Abimanyu

Tags

Artikel Terkait

Terkini