Dampak Berita Positif bagi Pariwisata Indonesia, Menparekraf Sandiaga Uno: Saya Berterima Kasih kepada Media

- Selasa, 14 Februari 2023 | 18:04 WIB
CEO Promedia Teknologi Indonesia, Agus Sulistriyono memberikan cenderamata kepada Menparekraf, Sandiaga Uno. (Tim Bisnis Promedia)
CEO Promedia Teknologi Indonesia, Agus Sulistriyono memberikan cenderamata kepada Menparekraf, Sandiaga Uno. (Tim Bisnis Promedia)

NEWSmedia – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Uno menyampaikan rasa terima kasih kepada media.

Hal tersebut lantaran pemberitaan yang disampaikan oleh media, membawa dampak positif bagi pariwisata Indonesia.

“Saya ingin berterima kasih sama media. Tanpa bantuan media, pariwisata kita tidak mungkin ada di titik ini," kata Sandiaga Uno dalam acara peresmian pengurus Jaringan Pemred Promedia (JPP) yang digelar di Perpustakaan Nasional, Jakarta Pusat, Selasa 14 Februari 2023.

Baca Juga: Cuma Gunakan Pola Terbaru Ini, Player Pemula Bisa Dapat Jackpot Kakek Merah 90B dari Room FaFaFa Higgs Domino

Narasi positif yang dibangun media massa pasca Covid-19 mereda tahun lalu, kata Sandi, membawa pariwisata Indonesia melebihi target.

"Dari target 3,6 juta wisatawan mancanegara, kita berhasil membukukan 5 juta lebih wisatawan mancanegara. Terima kasih, dukungan teman-teman media,” ujar Sandiaga Uno dalam sesi talskhow.

Lebih lanjut, Sandiaga Uno juga mengingatkan soal sisi negative dari media terhadap pariwisata nasional. Dia memberi contoh, tahun lalu, pemerintah menargetkan 50 juta pergerakan wisatawan, namun angka tersebut tidak tercapai.

Baca Juga: Update Harga Emas Antam dan UBS di Pegadaian Hari Ini, Selasa 14 Februari 2023, Masih Terlihat Normal

“Setelah kita analisis, ternyata banyak yang membatalkan wisatanya setelah melihat berita cuaca ekstrem. Karena berita itu diberitakan seolah-olah cuaca ekstrem terjadi di seluruh Indonesia, padahal hanya di wilayah-wilayah tertentu saja, akhirnya mereka membatalkan kunjungan,” terang Sandiaga Uno.

Dari situ, Sandiaga pun berharap media-media di Indonesia bisa membangun narasi yang tepat jika menyangkut pariwisata Indonesia

“Bangun narasi yang tepat, apalagi menyangkut pergerakan. Karena setiap pergerakan, ini hasilnya adalah geliat ekonomi,” ujarnya lagi.

Baca Juga: Maudy Ayunda Sebut Sang Suami Jesse Choi Alami Culture Shock Tinggal di Indonesia: Dia Bingung Sama Kata-kata

Lebih jauh, Sandiaga Uno menjelaskan bahwa pada tahun lalu ada sekitar 1,1 juta lapangan kerja baru tercipta di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Dengan dukungan media, saya yakn 2024, target kita 4,4 juta lapangan kerja baru bisa tercipta,” pungkasnya.

Media Harus Memiliki Sense of Nationality
Sementara itu, Ketua Komisi Hubungan Antar Lembaga dan Luar Negeri Dewan Pers Periode 2019-2022, Agus Sudibyo mengatakan, media di Indonesia harus memiliki sense of nationality.

Halaman:

Editor: Ahmad Hipni

Tags

Artikel Terkait

Terkini