• Minggu, 14 Agustus 2022

Kemensos Ubah Aturan Tentang PKH, Salah Satunya Ancaman Pemecatan Bagi Oknum Pendamping Sosial  

- Rabu, 11 Agustus 2021 | 15:57 WIB
Ilustrasi Bantuan Sosial./Arif Nugroho/KJ
Ilustrasi Bantuan Sosial./Arif Nugroho/KJ

 

NEWSmedia - Ruang gerak oknum Pendamping Sosial yang kerap melakukan pemotongan bantuan sosial (bansos) bakal dipersempit.

Kementerian sosial (Kemensos) segera merevisi Peraturan Menteri Sosial Nomor 1 Tahun 2018 tentang Program Keluarga Harapan (PKH). Karena di dalam aturan yang selama ini digunakan, terdapat sejumlah celah yang bisa dmanfaatkan oknum Pendamping Sosial.

Perubahan aturan bakal dilakukan setelah banyaknya laporan yang masuk ke Kemensos, tentang maraknya oknum Pendamping Sosial yang memotong bansos milik para penerima manfaat.

Baca Juga: Luhut Disentil, Jangan Akal-akalan dengan Data Kematian Covid19 

Kondisi itu teradi lantaran pada aturan yang saat ini berlaku terdapat sejumlah celah yang bisa dmanfaatkan para oknum Pendamping Sosial.

"Betul sedang dalam proses revisi. Kami perbaiki kelemahan-kelemahan di lapangan supaya tidak ada lagi celah untuk pendamping ini," ujar Staf Khusus Menteri Sosial (Mensos) Luhur Budijarso saat ditemui di acara vaksinasi IPSM Nasonal, di Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Rabu, 11 Agustus 2021.

Dikatakan Luhur, pihaknya selama ini masih berpedoman terhadap Peraturan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia Kebudayaan (PMK). Di dalam aturan itu diakuinya terdapat celah yang dapat dimanfaatkan oleh para Pendaping Sosial nakal.

Baca Juga: Berapa Gaji Messi di PSG? Begini Kata Presiden Paris Saint-Germain

Salah satu revisi yang akan dilakukan, lanjut Luhur, yakni Kemensos akan menambahkan sanksi bagi oknum pendamping sosial yang memotong bansos milik para penerima manfaat. Termasuk di dalamnya sanksi tegas berupa pemecatan bagi oknum Pendamping Sosial yang ketahuan berbuat culas.

Halaman:

Editor: Adam Adhary Abimanyu

Sumber: PikiranRakyat.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini