• Selasa, 24 Mei 2022

PPKM Diperpanjang, Begini Aturan Terbaru Penerbangan dan Perjalanan Internasional

- Rabu, 11 Agustus 2021 | 17:43 WIB
Aturan terbaru penerbangan dan perjalanan internasional (Instagram/ @soekarnohattaairport)
Aturan terbaru penerbangan dan perjalanan internasional (Instagram/ @soekarnohattaairport)


NEWSmedia
- Seiring dengan perpanjangan PPKM Level 4 Jawa-Bali, Pemerintah merilis aturan terbaru bagi penerbangan dan perjalanan internasional.

Aturan terbaru itu tertuang dalam Surat Edaran Nomor SE 63 Tahun 2021 Tentang Perjalanan Internasional Dengan Transportasi Udara Pada Masa Pandemi Covid-19 yang berlaku sejak 11 Agustus 2021.

“Bagi Warga Negara Indonesia (WNI) dari luar negeri diizinkan memasuki Indonesia dengan tetap mengikuti protokol kesehatan ketat,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub, Novie Riyanto dikutip NEWSmedia dari Antara pada Rabu, 11 Agustus 2021.

Baca Juga: Kemensos Ubah Aturan Tentang PKH, Salah Satunya Ancaman Pemecatan Bagi Oknum Pendamping Sosial  

Sedangkan larangan memasuki wilayah Indonesia, baik secara langsung maupun transit di negara asing, tetap diberlakukan bagi pelaku perjalanan internasional yang berstatus Warga Negara Asing (WNA).

Kecuali yang memenuhi kriteria sesuai ketentuan Permenkumham Nomor 27 Tahun 2021, skema perjanjian bilateral Travel Corridor Arrangement dan atau mendapatkan izin khusus secara tertulis dari Kementerian/Lembaga (K/L).

Ia menjelaskan seluruh pelaku perjalanan internasional, baik yang berstatus WNI maupun WNA, harus mengikuti ketentuan atau persyaratan seperti menunjukkan kartu atau sertifikat (fisik maupun digital) telah menerima vaksin Covid-19 dosis lengkap.

Baca Juga: Luhut Disentil, Jangan Akal-akalan dengan Data Kematian Covid19

“Jika belum mendapat vaksin di luar negeri, maka akan divaksinasi di tempat karantina setibanya di Indonesia, setelah dilakukan pemeriksaan RT-PCR kedua dengan hasil negatif,” ucapnya.

Untuk WNA dengan ketentuan berusia 12 - 17 tahun, pemegang izin tinggal diplomatik dan izin tinggal dinas, pemegang Kitas, Kitap, dan WNA yang sudah berada di Indonesia dengan melakukan perjalanan domestik maupun internasional, wajib melakukan vaksinasi melalui skema program atau gotong royong sesuai peraturan perundang-undangan.

Halaman:

Editor: Ahmad Hipni

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini