• Selasa, 24 Mei 2022

Syarat Terbaru Perjalanan Transportasi Udara Dalam Negeri Setelah PPKM Diperpanjang

- Kamis, 12 Agustus 2021 | 10:47 WIB
Syarat terbaru perjalanan transportasi udara dalam negeri (Instagram/ @soekarnohattaairport)
Syarat terbaru perjalanan transportasi udara dalam negeri (Instagram/ @soekarnohattaairport)


NEWSmedia
- Pemerintah telah membuat syarat terbaru untuk perjalanan transportasi udara setelah PPKM diperpanjang sampai 16 Agustus 2021.

Petunjuk pelaksanaan perjalanan orang dalam negeri dengan transportasi udara pada masa pandemi Covid-19 tertuang dalam Surat Edaran Nomor SE 62 Tahun 2021 yang berlaku sejak 11 Agustus 2021.

SE 62 Tahun 2021 ini sejalan dengan ditetapkannya Surat Edaran Satgas Covid-19 Nomor 17 Tahun 2021 yang mencabut SE sebelumnya Nomor 57 Tahun 2021.

Baca Juga: PPKM Diperpanjang, Begini Aturan Terbaru Penerbangan dan Perjalanan Internasional

Dalam SE 62 tahun 2021 itu, dituliskan bahwa untuk penerbangan dari atau ke bandar udara Pulau Jawa dan Pulau Bali, serta daerah yang ditetapkan melalui Instruksi Menteri Dalam Negeri sebagai daerah dengan kategori PPKM Level 4 dan PPKM Level 3, wajib menunjukkan kartu vaksin (minimal vaksinasi dosis pertama).

“Dan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 2x24 jam sebelum keberangkatan,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Novie Riyanto dikutip NEWSmedia dari Antara pada Kamis, 12 Agustus 2021.

Baca Juga: Menteri Keuangan Berikan Bantuan Rp745 Miliar, Untuk Mahasiswa yang Tidak Bisa Membayar UKT

Selain itu, penerbangan antar-bandar udara di Pulau Jawa dan Pulau Bali bisa juga dengan menunjukkan kartu vaksin (vaksinasi dosis kedua) dan surat keterangan hasil negatif rapid test Antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 1x24 jam sebelum keberangkatan.

Sementara itu penerbangan dari dan ke bandar udara di luar wilayah Pulau Jawa dan Pulau Bali yang ditetapkan melalui Instruksi Menteri Dalam Negeri sebagai daerah dengan kategori PPKM Level 1 dan PPKM Level 2, wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR (sampel maksimal 2x24 jam) atau hasil negatif rapid test Antigen (sampel maksimal 1x24 jam) sebelum keberangkatan.

Baca Juga: 50 Juta Warga Indonesia Telah Disuntik Vaksin Tahap Pertama, Termasuk Anak Kecil dan Lansia

Halaman:

Editor: Ahmad Hipni

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini