• Selasa, 30 November 2021

Daftar Kebiasaan Baru di Kampus yang Berbeda dengan Sekolah, Calon Mahasiswa Baru Wajib Tahu!

- Kamis, 12 Agustus 2021 | 21:46 WIB
Rektor UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten Prof. Dr. Wawan Wahyudin saat melakukan pelepasan mahasiswa yang mengikuti program kuliah kerja nyata (Kukerta) (Dok: uinbanten.ac.id)
Rektor UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten Prof. Dr. Wawan Wahyudin saat melakukan pelepasan mahasiswa yang mengikuti program kuliah kerja nyata (Kukerta) (Dok: uinbanten.ac.id)

NEWSmedia – Budaya antara sekolah dengan dunia perkuliahan tentu berbeda. Banyak kebiasaan yang menjadi hal baru untuk dipelajari oleh calon mahasiswa baru (maba).

Terlebih saat ini merupakan masa dinmana semua Perguruan Tinggi di Indonesia, baik itu swasta maupun negeri, sedang mencari mahasiswa baru.

Walaupun masih di tengah pandemi, namun penerimaan mahasiswa baru masih tetap dilaksanakan, tentu dengan menerapkan protokol kesehatan.

Baca Juga: Pekan Depan, 624 Sekolah di Kabupaten Serang akan Melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka

Berikut NEWSmedia rangkum dari berbagai sumber terkait kebiasan-kebiasaan baru yang bakal ditemui oleh mahasiswa baru:

1. Tidak ada rutinitas salim ke dosen.
Jika sewaktu SMA salim ke guru merupakan rutinitas di pagi hari, tentu di bangku kuliah, Anda tidak akan menemukan lagi kebiasaan seperti ini.

2. Tidak dapat ‘buku paket’ kuliah
Ketika kuliah Anda tidak akan mendapatkan buku paket kuliah, melainkan Anda harus membelinya sendiri, berbeda ketika SMA yang mendapat buku paket.

Baca Juga: Menteri Keuangan Berikan Bantuan Rp745 Miliar, Untuk Mahasiswa yang Tidak Bisa Membayar UKT

3. Tidak ada pengganti dosen
Biasanya para dosen akan meminta pindah waktu kuliah atau memberikan tugas jika dosen yang nersangkutan berhalangan hadir, berbeda dengan waktu SMA di mana ketika guru berhalangan hadir akan digantikan oleh guru lainnya.

Halaman:

Editor: Ahmad Hipni

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X