• Minggu, 29 Mei 2022

Masjid-Masjid Diminta Gelar Salat Jumat 2 Gelombang, Terapkan Ganjil Genap Berdasar Angka Akhir Nomor HP

- Kamis, 12 Agustus 2021 | 23:27 WIB
Muslim melaksanakan salat di masjid. (Photo by Fuzz from Pixabay)
Muslim melaksanakan salat di masjid. (Photo by Fuzz from Pixabay)

NEWSmedia - Untuk mencegah penyebaran wabah Covid-19, Dewan Masjid Indonesia (DMI) mengimbau masjid-masjid untuk menggelar Salat Jumat 2 gelombang. Gelombang pertama dilakukan pukul 12.00 WIB, dan gelombang kedua pada pukul 13.00 WIB.

Demikian hal itu tertuang dalam Surat Edaran Dewan Masjid Indonesia (DMI) Nomor 105-Khusus/PP-DMI/A/Vl/2020. Surat yang dikeluarkan 16 Juni 2020 itu ditanda tangani Jusuf Kalla sebagai Ketua.

Dalam surat edaran itu, Dewan Masjid Indonesia (DMI) mengimbau kepada masjid-masjid agar menggelar Salat Jumat 2 gelombang, khususnya bagi masjid yang jemaahnya membeludak.

Baca Juga: Bhabinkamtibmas Menes Pandeglang Rela Sisihkan Uang Demi Siswa Madrasah yang Belajar di Tikar

Untuk teknis pelaksanaannya, DMI mengarahkan juga untuk menerapkan sistem ganjil genap berdasarkan angka terakhir nomor HP (handphone).

Untuk Salat Jumat gelombang pertama dilaksanakan pada pukul 12.00 WIB untuk jemaah yang memiliki nomor HP dengan angka terakhir genap.

Sementara untuk Salat Jumat gelombang kedua dilaksanakan pukul 13.00, diperuntukan bagi jemaah yang memiliki nomor HP yang angka terakhirnya ganjil.

Baca Juga: Dikritik Menghapus Data Kematian Covid19, Jubir Luhut Angkat Bicara

Wakil Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI), Masdar Farid Masudi mengatakan, pelaksanaan Salat Jumat 2 gelombang tidak masalah dalam situasi dan kondisi pembatasan akibat Pandemi Covid-19.

“Tidak masalah jika memang tempatnya tidak mencukupi. Dikarenakan social distancing di antara jamaah dalam era pandemi Covid-19 yang tengah melanda kita semua," ujar Masdar, dikutip dari Media Pakuan, Rabu, 11 Agustus 2021.

Halaman:

Editor: Rapih Herdiansyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini