• Minggu, 16 Januari 2022

Kemenag Tidak Lagi Keluarkan Kartu Nikah Fisik, Diganti Dokumen Digital yang Harus Download di Website

- Sabtu, 14 Agustus 2021 | 11:04 WIB
Ilustrasi kartu nikah digital. (kemenag.go.id)
Ilustrasi kartu nikah digital. (kemenag.go.id)

NEWSmedia - Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) kini tidak lagi memberikan kartu nikah fisik kepada pasangan pengantin. Penerbitan kartu nikah fisik itu dihentikan, dan sebagai gantinya kementerian Agama menyediakan dokumen kartu nikah digital.

Kebijakan penghentikan penerbitan kartu nikah fisik berlaku mulai Agustus 2021. Penggantian kartu nikah fisik menjadi digital sesuai Surat Edaran Ditjen Bimas Islam Nomor B-2361/Dt.III.II/PW.01/07/2021 terkait Penggunaan Kartu Nikah Digital.

Surat tersebut ditandatangani Plt.Direktur Bina KUA dan Keluarga Sakinah Ditjen Bimas Islam, Muhammad Adib Machrus.

Baca Juga: Brigadir Iis Mulyani, Polwan Cantik dari Polda Banten Jadi Pasukan PBB di Afrika Tengah

“Kementerian Agama memutuskan untuk menghentikan penerbitan kartu nikah fisik per Agustus 2021 ini. Sebagai gantinya, Kementerian Agama telah meluncurkan kartu nikah digital oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas bersamaan dengan pencanangan 6 KUA Model di KUA Banjarnegara pada akhir Mei lalu,” ujar Dirjen Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin dikutip dari situs resmi, kemenag.go.id, Sabtu, 14 Agustus 2021.

Layanan kartu nikah digital bisa diakses di semua Kantor Urusan Agama (KUA) yang telah terintegrasi dengan Sistem Informasi Manajemen Nikah (Simkah Web).

Saat ini ada 5.819 KUA yang sudah bisa mengakses Simkah Web. Jumlah tersebut masih terus bertambah seiring dengan peningkatan kualitas pelayanan di KUA.

Baca Juga: Kandungan dan Manfaat ASI untuk Bayi, Bisa Meningkatkan Imun dan Melindungi dari Penyakit

Adapun cara mendapatkan kartu nikah digital cukup mudah. Pasangan calon pengantin mengisi formulir pendaftaran nikah melalui Simkah Web di https://simkah.kemenag.go.id/ atau klik SimkahWeb.

Pasangan calon pengantin harus mengisi data-data dengan lengkap, termasuk nomor telepon, dan alamat email yang masih aktif.

Halaman:

Editor: Rapih Herdiansyah

Sumber: Humas Kemenag RI

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X