• Rabu, 17 Agustus 2022

Presiden Pidato Kenegaraan Kenakan Baju Adat Baduy, Fadli Zon Tak Mau Ketinggalan

- Senin, 16 Agustus 2021 | 10:30 WIB
Fadli Zon tampak sedang berbincang dengan salah satu warga Baduy. (Foto: Repro Twitter @fadlizon)
Fadli Zon tampak sedang berbincang dengan salah satu warga Baduy. (Foto: Repro Twitter @fadlizon)

NEWSmedia –  Presiden Jokowi memakai baju adat Suku Baduy saat berpidato kenegraan dalam sidang tahunan MPR 2021, Senin 16 Agustus 2021. Rupanya politisi Partai Gerindra Fadli Zon pun tak mau ketinggalan. Melalui akun twitternya, Fadli Zon mengunggah kedekatannya dengan suku pedalaman tersebut.

“Badui (1994), saya ngobrol dengan Jaro Pulung berhari-hari, tinggal di rumah Jaro dan merasakan kehidupan Suku Badui yang menyatu dengan alam,” tulis Fadli Zon melalui akun @fadlizon.

Pada foto yang diunggah tersebut, tampak Fadli Zon duduk di teras rumah adat Baduy berbincang dengan seorang warga Baduy dengan pakaian adat Baduy. Baju kutung hitam dan romal atau penutup kepala yang digunakan persis seperti yang dipakai Presiden Jokowi saat menghadiri sidang tahunan.

Baca Juga: Masyarakat Diminta Hentikan Semua Kegiatan dan Aktivitas pada Selasa 17 Agustus 2021 Pukul 10.17 WIB

Seperti dikeetahui, Presiden Jokowi ditunggu-tunggu kehadirannya pada acara tahunan dengan pakaian adat yang dirahasiakan. Bahkan sempat dilombakan, bagi siapa saja yang menebak pakaian adat yang dikenakan Presiden akan mendapatkan hadiah sepeda dari istana. 

Menurut Kantor Staf Presiden dalam akun Twitter-nya bahwa Presiden Jokowi memakai baju adat Suku Baduy yang berada di Kabupaten Lebak, merupakan bentuk penghargaan terhadap tingginya nilai budaya dan adat istiadat warga Baduy.

Baca Juga: Baru Dirilis 13 jam, Penonton Lagu Baru Atta Halilintar Tembus 1,5 juta

'Presiden @jokowi memilih menggunakan pakaian adat suku Baduy sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan pada keluhuran nilai-nilai, adat dan budaya suku Baduy' tulis KSP melalui akun Twitter @KSPgoid.

Dalam Sidang Tahunan itu, Jokowi tampak memakai telekung, baju kutung dan tas selempang. Telekung adalah ikat kepala, kadang disebut koncer atau romal. Ikat kepala ini merupakan hasil tenun masyarakat Baduy. Kutung adalah baju putih atau hitam berlengan panjang tanpa kerah juga disebut jamang sangsang. Namun, yang dipakai Jokowi baju berwarna hitam. Baju hitam merupakan pakaian adat Baduy Luar sedangkan baku kutung putih merupakan pakaian adat Suku Baduy Dalam.***

 

Halaman:

Editor: Adam Adhary Abimanyu

Tags

Artikel Terkait

Terkini