• Sabtu, 4 Desember 2021

BPIP Tetap Lanjutkan Lomba Penulisan Artikel Hari Santri Nasional, Tetapi Minta Maaf dan Ganti Tema

- Selasa, 17 Agustus 2021 | 09:00 WIB
Pengumuman lomba karya tulis Hari Santri Nasional BPIP terbaru. Dua tema yang menuai kontroversi telah diganti. (Foto: Twitter @BPIP)
Pengumuman lomba karya tulis Hari Santri Nasional BPIP terbaru. Dua tema yang menuai kontroversi telah diganti. (Foto: Twitter @BPIP)

NEWSmedia - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) RI akhirnya menyampaikan permohonan maaf terkait tema penulisan Hari Santri Nasional yang kontroversi. Setelah mendapatkan desakan kuat dari MUI dan sejumlah tokoh agar BPIP dibubarkan, tema penulisan artikel pun diganti.

“Kami sampaikan terima kasih yang tak terhingga kepada seluruh masyarakat sekaligus permohonan maaf, apabila kegiatan yang kami laksanakan kurang sesuai yang diharapkan,” dikutip dari akun Twitter @BPIP, Senin 16 Agustus 2021.

BPIP menyatakan akan tetap melanjutkan lomba lantaran banyak jumlah pendaftar yang masuk sejak diumumkan di media sosial. Dalam empat hari tercatat sudah ada 300 orang pendaftar.

Baca Juga: Pengumuman, PPKM Kembali Diperpanjang Sampai 23 Agustus 2021

“Menyikapi berbagai masukan dan tanggapan masyarakat terkait lomba Karya Tulis yang telah diberitakan di berbagai media massa, maka kami keluarga besar BPIP merasa senang sebagai lembaga baru yang mendapatkan perhatian yang cukup besar dari masyarakat dan tokoh yang telah memberikan komentar, masukan dan saran nya,” tulis akun resmi BPIP tersebut.

Terkait dua tema lomba yang sebelumnya, yakni Hormat Bendera Menurut Hukum Islam dan Menyanyikan Lagu Kebangsaan Menurut Hukum Islam teah diganti dengan tema baru. Yaitu, Pandangan Agama Dalam Menguatkan Wawasan Kebangsaan dan Peran Masyarakat Dalam Penanggulangan Pandemi Covid-19 Menuju Indonesia Tangguh dan Indonesia Tumbuh.

Baca Juga: Beasiswa 2021 untuk Mahasiswa S1: BCB Tersedia di 99 Kampus se-Indonesia, Berikut Cara Daftarnya

“Selanjutnya, Untuk informasi lebih lanjut terkait lomba maupun kegiatan yang telah dilaksanakan oleh BPIP, kiranya berkenan mengunjungi website kami http://bpip.go.id ataupun menyimak akun-akun media sosial yang telah kami kelola,” cuit BPIP seraya menyertakan #LombaPancasila #BulanPancasila2021 #CeritaPancasila #BPIP.

Sebelumnya, BPIP banjir kritik terkait rencana lomba karya tulis Hari Santri Nasional 2021. Dua tema yang disodorkan BPIP menuai konroversi. Buntutnya sejumlah tokoh termasuk Ketua Umum MUI Pusat dan Waketum MUI Pusat mendesak BPIP dibubarkan.

Baca Juga: 7 Manfaat Buah Kelapa yang Belum Diketahui Banyak Orang, Bisa Meningkatkan Imun Ternyata!

Halaman:

Editor: Adam Adhary Abimanyu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X