• Rabu, 1 Desember 2021

Suka Sejarah? Ini Rekomendasi 5 Museum Kemerdekaan RI di Jakarta Yang Layak Kamu Kunjungi

- Selasa, 17 Agustus 2021 | 11:21 WIB
Museum fatahilah jakarta.*
Museum fatahilah jakarta.*

NEWSmedia – Jika kamu suka dengan sejarah dan hal-hal yang berbau sejarah, mungkin kamu suka juga melihat museum dimana semua alat, tulisan dan juga koleksi pada jamannya dipamerkan. Nah kalau kamu suka datang ke museum, NEWSmedia memberikan informasi untuk kamu mana museum yang ada di Jakarta dan layak kamu kunjungi.

 

Berikut merupakan museum-museum yang mempunyai kenangan dalam kemerdekaan Indonesia.

  1. Museum Sejarah Fatahillah

Museum Sejarah Fatahillah atau yang biasa dikenal dengan Museum Fatahillah ini terletak di kawasan Kota Tua Jakarta. Museum Fatahillah merupakan museum yang menggambarkan kota Jakarta dari masa Prasejarah hingga berdirinya Kota Jayakarta pada tahun 1527.

Di museum Fatahillah kita dapat melihat berbagai koleksi bersejarah seperti Prasasti Ciaruteun, Meriam Jagur, mebel – mebel antic dari abad ke 17 hingga 19 yang merupakan perpaduan gaya Eropa, Tiongkok, dan Indonesia.

  1. Museum Perumusan Naskah Proklamasi

Museum ini terletak di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. teaptnya di Jl. Imam Bonjol No. 1. Dinamakan Museum Perumusan Naskah Proklamasi karena di museum ini lah tempat terjadinya proses perumusan naskah proklamasi kemerdekaan di Indonesia. Museum ini merupakan bangunan rumah Laksamana Maeda, seorang kepala kantor penghubung antara Angkatan Laut dengan Angkatan darat jepang.

  1. Museum Kebangkitan Nasional

Museum ini terletak di Jl. Dr. Abdul Rahman Saleh No. 26 Senen, Jakarta Pusat. Museum Kebangkitan Nasional merupakan sebuah gedung yang dibangun sebagai monument tempat lahir dan berkembangnya kesadaran nasional dan ditemukannya organisasi pergerakan modern pertama kali Boedi Oetomo.

  1. Gedung Joang 45

Di museum Gedung Joang 45 terletak di Jl. Menteng Raya No. 31, Kebon sirih, Menteng, Jakarta Pusat. lokasi museum ini dekat dengan patung tugu tani dan kawasan cikini. Di Museum Joang 45 kita dapat meihat jejak perjuangan kemerdekaan RI dengan koleksi benda – benda diantaranya foto – foto dokumentasi dan lukisan yang menggambarkan perjuangan sekitar tahun 1945 – 1950an.

  1. Museum Sumpah Pemuda

Letak museum Sumpah Pemuda di Jl. Kramat Raya No. 106, Jakarta Pusat. bangunan ini dahulunya milik Sie Kong Tiang di permulaan abad ke 20. Di Museum Sumpah Pemuda kita dapat melihat koleksi – koleksi yang terdapat di dalam museum yang berhubungan dengan peristiwa Sumpah Pemuda berjumlah 2.867 koleksi.

Halaman:

Editor: Fatihin Rere

Sumber: Indonesiabaik.id

Tags

Terkini

X