• Kamis, 30 Juni 2022

Rindu Monas? Ini Link Video Tournya, Bisa Lihat Bagian Dalam Termasuk Gerbang Kemerdekaan Berlapis Emas

- Selasa, 17 Agustus 2021 | 12:38 WIB
Pintu Gapura Gerbang Kemerdekaan di dalam Monas. (Instagram.com/@monumen.nasional)
Pintu Gapura Gerbang Kemerdekaan di dalam Monas. (Instagram.com/@monumen.nasional)

NEWSmediaMonas adalah Monumen Nasional yang ngehits banget dari zaman dulu sampai sekarang. Tempat bersejarah ini sering menjadi destinasi wisata bagi orang-orang dari Jakarta maupun dari luar daerah.

Tak jarang, Monas menjadi tempat kunjungan belajar para siswa bersama guru dan rombongan dari sekolah. Sebab di sana ada monumen-monumen bersejarah yang bisa dijadikan wawasan kebangsaan dan pendidikan kewarganegaraan bagi para pelajar.

Namun banyak juga orang yang mendengar namanya saja, tetapi belum pernah datang dan menjelajah Monas.

Baca Juga: BPIP Tetap Lanjutkan Lomba Penulisan Artikel Hari Santri Nasional, Tetapi Minta Maaf dan Ganti Tema

Ada juga yang pernah ke Monas diajak orang tuanya dulu ketika masih anak-anak, dan belum mengerti bagian-bagian sejarah.

“Wowwww sekilas langsung flashback ke zaman saya SD.... Kapan terakhir ke Dalam Monas...... (Kalau lewat sering) heeeee,” tulis akun @mamet_adi dalam unggahan Instagram @monumen.nasional yang memuat foto salah satu bagian di dalam Monas, Senin, 16 Agustus 2021.

Baca Juga: Gelombang 18 Program Kartu Prakerja Telah Dibuka! Berikut Link Pendaftaran dan Tata Cara Seleksinya

Dalam unggahan itu, pengelola Monas menuliskan bahwa emas di Monas tidak hanya 50 kg yang terletak pada Lidah Api Kemerdekaan yang berada di atas Pelataran Puncak Monas. Total berat emas di Monas disebutkan sebanyak 72 Kg.

Sebanyak 22 kg emas lainnya terdapat pada Ruang Kemerdekaan, yaitu menempel pada pintu gapura kemerdekaan, kemudian lambang burung Garuda Pancasila dan diorama kepulauan Indonesia.

Ruang Kemerdekaan adalah salah satu tempat yang wajib dikunjungi saat ke Monas. Ruangan ini berbentuk persegi, dikelilingi amphitheater yang menyimpan 4 simbol kemerdekaan bangsa Indonesia.

Halaman:

Editor: Rapih Herdiansyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini