• Rabu, 19 Januari 2022

Pemkab Lebak Sesalkan Cuitan Twitter Mohammad Bernie yang Merendahkan Warga Baduy

- Selasa, 17 Agustus 2021 | 17:38 WIB
Presiden Joko Widodo dan Ketua DPR RI Puan Maharani saat Sidang Tahunan Jelang HUT ke-76 RI (BPMI Sekretariat Presiden)
Presiden Joko Widodo dan Ketua DPR RI Puan Maharani saat Sidang Tahunan Jelang HUT ke-76 RI (BPMI Sekretariat Presiden)

NEWSmedia - Pemkab Lebak Banten menyesalkan adanya cuitan yang menghina dan merendahkan masyarakat Baduy, hal itu sangat bertentangan dengan nilai-nilai kemanusiaan.  Hal itu dikatakan Sekretaris Daerah (Sekda) Budi Santoso, yang dihubungi NEWSmedia, Selasa 17 Agustus 2021.

"Pemkab Lebak dan tentunya masyarakat Kabupaten Lebak khususnya dan Banten pada umumnya sangat menyesalkan atas tindakan penghinaan terhadap Bapak Presiden dan juga menghina martabat suku Baduy" kata Budi Santoso.

Menurut Budi saat ini masyarakat adat Baduy bukan hanya milik Lebak, Banten maupun Indonesia tetapi sudah menjadi milik masyarakat Internasional. Sehingga sangat disayangkan cuitan di Twitter tersebut sangat merendahkan masyarakat adat Baduy yang masih menjunjung tinggi budaya dan adat istiadatnya.

Baca Juga: Kumpulan Tweet M. Bernie, dari Dugaan Merendahkan Suku Baduy, Sampai Keluar dari Profesi Jurnalis

"Kami banyak belajar dari mereka, tentang kesederhanaan, kepatuhan terhadap pimpinan dan juga pelestarian alam, tetapi amat sayangkan seorang jurnalis yang semestinya punya intelektual tinggi menghina dan merendakan masyarakat Baduy," tambahnya.

Sementara ini kata Budi, pemkab Lebak secara resmi belum bersikap terhadap masalah ini meskipun bisa berimplikasi hukum, apalagi penghinaan ini juga ditujukan kepada kepala negara yang pada acara resmi menggunakan baju Baduy.

"Kami masih melihat perkembangan lah, kan banyak masyarakat yang peduli baik budayawan seperti Kang Uday, tokoh masyarakat dan juga para penggiat lingkungan, biar mereka bereaksi dulu, kami pada intinya mendukung sikap yang akan dilakukan oleh masyarakat yang peduli dengan suku Baduy," ujar Budi bersemangat.

Baca Juga: Tirto Mendadak Trending di Twitter, Gegara Cuitan Rasis M. Bernie?

Hal senada dikatakan mantan Wakil Bupati Lebak Amir Hamzah yang dihubungi NEWSmedia. Dia mengaku prihatin akan adanya cuitan bernada SARA yang dilakukan Mohammad Bernie tersebut.  Karena menurutnya, sekelas Presiden Jokowi saja mau memakai baju adat Baduy tetapi dianggap pencitraan dan dipandang negatif.

Halaman:

Editor: Fatihin Rere

Tags

Terkini

X