• Selasa, 9 Agustus 2022

Untuk Pertanggungjawabkan Cuitannya, M Bernie Harus Datang ke Wilayah Adat Baduy Dalam Waktu 1x24 Jam

- Selasa, 17 Agustus 2021 | 19:22 WIB
Cuitan  Mohammad Bernie di akun Twitter nya yang mengomentari Presiden Jokowi yang memakai pakaian adat Baduy. (Kolase NEWSmedia)
Cuitan Mohammad Bernie di akun Twitter nya yang mengomentari Presiden Jokowi yang memakai pakaian adat Baduy. (Kolase NEWSmedia)

NEWSmediaMohammad Bernie, pemilik akun twitter @pawletariat yang sebelumnya sempat membuat cuitan mengomentari penampilan Presiden Jokowi yang memakai pakaian adat Suku Baduy saat Sidang Tahunan MPR, DPR dan DPD pada Senin, 16 Agustus 2021, telah meminta maaf.

Cuitan itu menuai reaksi dari warga Banten. Pegiat Budaya Baduy, Uday Suhada yang mengultimatum keras Mohammad Bernie.

Meski cuitan tersebut telah hilang dari beranda Twitter Mohammad Bernie, dan yang bersangkutan telah meminta maaf, namun hal itu dianggap belum cukup.

Baca Juga: Niat Puasa Tasua dan Puasa Asyura Besok 18 & 19 Agustus, Lengkap dengan Lafal Indonesia dan Artinya

“Begitu cara dia minta maaf? Dia tahu gak itu menyinggung belasan ribu warga Baduy dan kami sebagai warga Banten,” kata Uday Suhada kepada NEWSmedia, Selasa, 17 Agustus 2021 petang.

Uday meminta kepada M. Bernie untuk datang ke wilayah adat Baduy, untuk meminta maaf secara langsung.

“Saya menuntut saudara Mohammad Bernie untuk segera menyampaikan permohonan maaf secara langsung dan terbuka serta pernyataan tak akan lagi menghina warga Kanekes (Baduy),” tuturnya.

Baca Juga: Susi Pudjiastuti Rayakan Hari Kemerdekaan Bareng 5 Bocah SD, Topi Merah Bikin Salfok

Uday juga meluruskan kalimat yang dituliskan M. Bernie saat memberi klarifikasi. Bernie menulis ‘Tapi memang benar saya memiliki keprihatinan dan keresahan ttg warga Baduy yang harus berjalan kaki ratusan kilometer kemudian menggelandang di Jakarta demi jualan madu hutan Rp100 ribu per botol. Sesuatu yg kemungkinan terjadi karena ruang hidup warga Baduy semakin sempit.’

“Sok tau dia soal Baduy. Dia harus langsung datang ke Baduy. Baduy itu komunitas adat yang menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan. Maka datanglah baik-baik,” kata Uday.

Halaman:

Editor: Rapih Herdiansyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini