• Rabu, 20 Oktober 2021

Lagu Indonesia Raya Menggema, Bendera Merah Putih Raksasa Berkibar di Gaza Utara Palestina

- Rabu, 18 Agustus 2021 | 09:40 WIB
 Masyarakat Palestina menggelar upacara HUT RI ke 76 di Padang Pasir Beit Lahia, Gaza Utara, Palestina. Bendera merah putih yang dikibarkan memiliki panjang 100 meter. (Foto: Repro www.npc.or.id)
Masyarakat Palestina menggelar upacara HUT RI ke 76 di Padang Pasir Beit Lahia, Gaza Utara, Palestina. Bendera merah putih yang dikibarkan memiliki panjang 100 meter. (Foto: Repro www.npc.or.id)

NEWSmedia – Perayaan hari kemerdekaan RI, Selasa 17 Agustus 2021 bukan hanya terjadi di Indonesia. Pemandangan mengharukan juga terjadi  di Beit Lahia, Gaza Utara, Palestina. Masyakarat disana menggelar upacara pengibaran Bendera Merah Putih Raksasa dengan penuh khidmat.

Dalam tayangan Chanel Youtube Nusantara Palestina Center rangkaian upacara tampak diikuti oleh ratusan masyarakat Palestina di sebuah gurun pasir. Diawali dengan rangkaian penabuhan Drum Band oleh sejumlah pria yang mengenakan pakaian seperti seragam tentara. Tak lama berselang alunan lagu Indonesia Raya pun menggema berbarengan dengan pengibaran bendera merah putih berukuran besar.

Bukan hanya kaum pria dan wanita dewasa, puluhan anak-anak Palestina juga tampak turut serta dalam moment mengharukan itu. Baliho-baliho berukuran besar bertuliskan Dirgahayu Kemerdekaan Republik Indonesia ke 76 membentang di lokasi upacara. Perayaan upacara tampak semarak, manakala usai lagu kebangsaan Indonesia Raya berlalu, sejumlah pria Palestina bertudung serban menari di antara kibaran puluhan bendera merah putih diiringi alunan musik gurun pasir.    

Baca Juga: Jadwal Migrasi TV Analog ke Digital Berubah, Kementerian Kominfo Jelaskan Tahapannya

“Kegiatan ini dihadiri secara langsung oleh Ketua Dewan Pembina NPC Abdillah beserta istri dan anak-anaknya, serta ratusan warga Palestina. Baik dari kalangan anak-anak, dewasa, perempuan, tim medis, para insinyur, dosen, penghafal Al-Quran dan warga sipil di Gaza,” dikutip dari sutus npc.or.id, Rabu 18 Agustus 2021.

Dijelaskan, bendera merah putih raksasa yang dikibarkan memiliki ukuran panjang 100 meter. Sementara upacara dimulai sekitar pukul 12:00 waktu Palestina, dan bertindak sebagai Inspektur Upacara yakni Ketua Dewan Pembina NPC Abdillah Onim atau biasa disapa Bang Onim.

Baca Juga: Amerika Protes Kepada Twitter Karena Taliban Diberikan Akun Pasca Terjadinya Pemberontakan di Afganistan

“Kegiatan ini sebagai bentuk solidaritas dan persaudaraan antara Indonesia dan Palestina. Selain itu, ini adalah kado paling indah dari Palestina untuk bangsa Indonesia bertepatan dengan hari kemerdekaan RI ke-76,” jelas Abdillah Onim, seraya menjelaskan pada upacara bersejarah itu juga dimeriahkan dengan tarian Dabkah, tarian tradisional masyarakat Arab Palestina.

Persiapan acara sendiri memakan waktu selama dua pekan dan telah mengantongi izin dari otoritas setempat. Meskipun kondisi warga Palestina saat ini sangat memprihatinkan akibat blokade dan agresi Israel yang terus berlanjut, mereka tetap kukuh mengikuti upacara bendera HUT RI dan menyampaikan ucapan selamat ulang tahun kepada Republik Indonesia yang ke-76 dengan penuh khidmat.***

 

Halaman:

Editor: Adam Adhary Abimanyu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X