• Sabtu, 4 Desember 2021

Ini 10 Peristiwa Bersejarah Bagi Umat Islam yang Terjadi pada Bulan Muharam, Banyak Keistimewaannya

- Kamis, 19 Agustus 2021 | 08:29 WIB
Pawai obor yang menjadi tradisi di beberapa daerah dalam rangka menyambut bulan Muharam.
Pawai obor yang menjadi tradisi di beberapa daerah dalam rangka menyambut bulan Muharam.

NEWSmedia - Bulan pertama hijriah atau dikenal dengan Muharam banyak menyimpan keistimewaan. Sedikitnya ada 10 peristiwa bersejarah yang terjadi pada bulan tersebut.

Ketua MUI Provinsi Banten Dr. KH. Romly mengatakan Muharam termasuk salah satu bulan istimewa dalam Islam. Ia mengungkapkan peristiwa-peristiwa bersejarah itu terangkum di sejumlah kitab dan hadis.

Seperti disarikan dari kitab Nazaatul Majalis wa Muntakhobun Mawaidz, karya Syeh Abdurahman Al-Sofuri dan kitab Al-Mawadzir karya Syeh Sihabuddin bin Salamah Al-Qolyubi.

Inilah peristiwa-peristiwa serta keistimewaan tanggal 10 Muharam yang dimaksud:

  1. Allah Swt mengampuni tobatnya Nabi Adam AS setelah ia bertaubat bertahun-tahun lamanya. Dosa-dosa Nabi Adam AS diampuni Allah Swt, yakni dosa memakan buah khuldi.
  2. Nabi Idris AS diangkat derajatnya ke tempat lebih tinggi. Pada tanggal 10 Muharam Nabi Idris AS memperoleh derajat tinggi, yakni yakni dibawa ke langit, sebab ia memiliki sifat selalu berbelas kasihan kepada sesamanya.
  3. Nabi Musa AS dianugerahi kitab Taurot. Pada tanggal 10 Muharam itu juga Musa AS diselamatkan dari Firaun ketika sedang menyeberangi Laut Merah.
  4. Nabi Ibrahim AS diselamatkan dari api. Pada tanggal 10 Muharam, Nabi Ibrahim AS dituduh kaum Namruz menghancurkan berhala-berhala mereka. Ibrahim kemudian dilemparkan ke api yang membara. Atas seizing Allah, Ibrahim terhindar dari panasnya api.
  5. Berlabuhnya kapal Nabi Nuh AS di bukit Zuhdi dengan selamat. Pada tanggal 10 Muharam Nabi Nuh dan umatnya terhindar dari angon tofan yang dahsiat.
  6. Nabi Yusuf AS bebas dari penjara karena fitnah. Saat masih remaja, Nabi Yusuf AS memiliki wajah sangat tampan. Wajah tampan itu membuat istri majikannya, Zulaikha namnya, tertarik pada Nabi Yusuf. Zilaikha lalu membuat rencana unyuk memperdaya Nabi Yusuf dalam perbuatan zina.
  7. Pertemuan Nabi Ya’kub dan puteranya Yusuf setelah berpisah 40 tahun lamanya. Pada tanggal 10 Muharram itu, Nabi Ya’kub juga diberi nikmat lainnya oleh Allah Swt, yakni ia mendapat  anugerah kembali bisa melihat atau disembuhkan dari kebutaan.
  8. Nabi Yunus AS selamat dari perut ikan Nun yang memangsanya.
  9. Kembalinya kerajaan Nabi Sulaiman AS. Alkisah, Nabi Sulaiman pernah memerangi raja kafir, kemudian gadis anaknya raja kafir tersebut dinikahi oleh Nabi Sulaiman. Karena wanita tersebut selalu rindu kepada ayahnya, ia minta kepada Nabi Sulaiman untuk membuatkan patung yang menyerupai ayahnya. Di luar pengetahuan Nabi Sulaiman, istrinya tersebut ternyata menyembah patung itu. Itu sebabnya, sang istri kemudian diikuti setan.
  10. Nabi Isa AS diangkat ke langit. Allah Swt mengangkat Nabi Isa AS ke langit, setelah sebelumnya menukar dengan Yakuza. Hal ini dimaksudkan untuk menyelematkan Nabi Isa AS dari kekejaman kaum Bani Israil.

Itulah 10 peristiwa bersejarah bagi umat Muslim yang terjadi pada bulan Muharram. Tentu dari setiap peristiwa, ada keistimewaan dan pelajaran yang dipetik bagi kehidupan umat Islam.***

Editor: Rapih Herdiansyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X