• Sabtu, 29 Januari 2022

Densus 88 Amankan Dua Kelompok Teroris, Dari 53 Orang 6 Diantaranya dari Banten  

- Sabtu, 21 Agustus 2021 | 05:25 WIB
Kepala Divisi Humas Mabes Polri, Irjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono saat mengungkap penangkapan 53 terduga teroris di Mabes Polri dalam conferensi pers virtua, Jumat 20 Agustus 2021. (Foto: SS Twitter @DivHumas_Polri
Kepala Divisi Humas Mabes Polri, Irjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono saat mengungkap penangkapan 53 terduga teroris di Mabes Polri dalam conferensi pers virtua, Jumat 20 Agustus 2021. (Foto: SS Twitter @DivHumas_Polri

 

NEWSmedia – Divisi Humas Mabes Polri mengungkap penangkapan 53 terduga teroris oleh Densus 88 Anti-teror dari 11 wilayah Provinsi di Indonesia. Total terduga teroris berjumlah 53 orang, terbagi dalam dua kelompok yakni Jamaah Islamiah (JI) dan Jamaah Ansharu Daulah.

Dari total yang diamankan, 6 teroris ditangkap di wilayah Banten. Penangkapan berlangsung 6 hari, terhitung sejak 12  Agustus hingga puncak perayaan HUT RI 17 Agustus 2021. Kuat dugaan para terduga akan melakukan aksinya di hari kemerdekaan, namun berhasil terdetekasi dan berujung penangkapan.    

“Dari 53 orang yang telah diamankan, sebanyak 50 orang tergabung dalam jaringan Jamaah Islamiyah yang diamankan pada 10 Provinsi. Sedangkan, untuk 3 orang lainnya yang diamankan di Kaltim tergabung dalam jaringan Jamaah Ansharut Daulat (JAD) serta menjadi pendukung ISIS,” ungkap Kepala Divisi Mabes Polri, Irjen Argo Yuwono dalam konpers, Jumat (20/8), di Mabes Polri.

Baca Juga: Epic Comeback Onic Esports Bawa Kemenangan 2-1 Atas Aura Fire di MPL ID Season 8 W2D1

Argo merinci, dari 53 yang diamankan meliputi 8 orang dari Sumut, 3 dari Jambi, 7 orang dari Lampung, 1 orang dari Kalbar, 3 orang dari Kaltim. Selanjutnya 3 orang dari Sulsel, Maluku 1 orang, Banten 6 orang, Jabar 4 orang, Jateng 11 orang dan dari Jatim 6 orang.

Penangkapan dilakukan dalam 6 hari berturut-turut jelang datangnya hari kemerdekaan RI ke 76. Pada Kamis 12 Agustus ditangkap 2 orang di Jateng inisial TEP dan M. Selanjutnya pada 13 Agustus diamanan 8 orang di Sumut, antara lain berinisial RS, IH, AKS, R, H, SO, DI dan BB alias W.

Pada 14 Agustus 2021 Densus 88 kembali menangkap 6 orang terduga teroris di Banten mereka antara lain N aliasT, RAA, R alias R, N alias N alias JK, AF alias R, dan HF. Selain di Banten, di Jambi juga ditangkap 3 orang yaitu, inisial S, DW dan MIR.

Baca Juga: Bobby iKON Berjanji Akan Menikah dan Segera Menjadi Ayah

Di Provinsi Lampung antara lain mereka yang ditangkap inisial IG, AS alias PA, S,  F, JS alias T alias P, AR alias I, S alias D alias SH. DI Jawa Barat, 4 orang yang ditangkap terduga teroris berinisial US, F, SH, dan RSP. Selanjutnya di wilayah Sulsel, yakni inisial HP, NS alias S dan SAT. Di Kaltim yang ditangkap berinisial RWP, S dan WS.

Halaman:

Editor: Adam Adhary Abimanyu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X