• Rabu, 1 Desember 2021

Mabes Polri Ungkap Jabatan dan Peranan 6 Teroris yang Ditangkap di Banten

- Sabtu, 21 Agustus 2021 | 07:30 WIB
Kadiv Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono/Foto: Dok PMJ
Kadiv Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono/Foto: Dok PMJ

NEWSmedia – Pasca perayaan HUT RI ke 6, Mabes Polri mengungkap penangkapan 53 terduga teroris oleh Tim Densus 88 Anti-teror dari 11 wilayah provinsi di Indonesia. Penangkapan berangsung marathon selama 6 hari, sejak 12 Agustus hingga 17 Agustus 2021. Sebanyak 6 teroris ditangkap di Banten.

Menurut Kepala Divisi Humas Mabes Polri, Irjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono, para teroris yang ditangkap di Banten menjelang hari kemerdekaan lalu memiliki jabatan dan peranan berbeda. Namun selurunya merupakan anggota Jamaah Islamiah.

“Di Banten, ada inisial N alias T, dia masuk kelompok JI dengan jabatan sebagai Korda Tangerang Raya. Inisial R alias R juga kelompok JI sebagai istikhot Korda Lampung, dia menyembunyikan DPO atas nama Anton Kristianto alias Ahmad Jaeni alias Epson dan alias Azhar,” ungkap Argo Yuwono, di Mabes Polri 20 Agustus 2021.

Baca Juga: 4 Cara Mudah Edit Foto dengan Google Foto, Auto Jadi Editor Profesional

Selain itu ada inisial N alias N alias JK juga kelompok JI yang menjabat sebagai Korda, selanjutnya ada insial AF juga kelompok JI dengan jabatan Korda Serang Cilegon. Lainnya ada M alias DH sebagai anggota JI Korda Riau, dan HF masuk dalam anggota kelompok JI Solo.

Selanjutnya, pada 14 Agustus 2021 petugas kembali menangkap terduga teroris di Banten yakni AS sebagai Ketua SO serta FJ yang sebagai anggota SO. "Pada tahun 2019 bersama FJ membahas kegiatan di bulan Ramadhan, karena ada imam Palestina yang ingin mengisi tausiah di Masjid Baitul Makmur di dekat rumahnya," jelasnya.

Diketahui, dua kelompok teroris ini terkait dengan ISIS. Argo Yuwono merinci, dari 53 yang diamankan meliputi 8 orang dari Sumut, 3 dari Jambi, 7 orang dari Lampung, 1 orang dari Kalbar, 3 orang dari Kaltim. Selanjutnya 3 orang dari Sulsel, Maluku 1 orang, Banten 6 orang, Jabar 4 orang, Jateng 11 orang dan dari Jatim 6 orang.

Baca Juga: Sinopsis Drakor Hospital Playlist Season 2 Episode 9: Kebohongan Ik Sun pada Jun Wan Terbongkar

Para terduga teroris ini diduga akan melakuan aksinya di hari Kemerdekaan. Dalam penangkapan itu, aparat juga mengamankan sejumlah barang bukti berupa kotak amal, senpi rakitan, peluru dan juga ada pistol. Selain itu juga ada beberapa buku-buku.

"Ada beberapa kaleng-kaleng tempat untuk menyimpan uang itu yang untuk infaq yang tidak bisa kita bawa karena banyak sekali. Ada foto yang kita sita, kita gunakan sebagI alat bukti,” pungkas Argo Yuwono, seraya mengungkapkan jika penangkapan itu telah melalui penyelidikan yang panjang dan dalam waktu yang tidak sebentar.***

Halaman:

Editor: Adam Adhary Abimanyu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X