• Minggu, 3 Juli 2022

Katanya Vaksin Berbahaya? Bener Apa Hoax, Inilah 5 Mitos Kesehatan yang Kadang Bikin Parno

- Minggu, 22 Agustus 2021 | 10:43 WIB

 

NEWSmedia – Mitos-mitos terkait kesehatan sebetulnya sudah sering kita dengar, bahkan banyak masyarakat yang meyakininya. Bahkan mitos soal vaksin merupakan topik yang hangat baru-baru ini, terutama saat Covid-19 bersinggah di negara tercinta kita. 

Terkait beragamnya mitos-mitos kesehatan yang tersebar luas, inilah beberapa mitos kesehatan yang bahkan sampai sekarang masih banyak pendukungnya dan masih dipercaya bahkan dianggaqp benar meski tidak bisa dibuktikan secara ilmiah:

Baca Juga: Pernah Dengar Kue Sarang Semut? Nah Begini Cara Bikinnya Biar Rasanya Kayak Chef Terkenal

 

  1. Rabun Mata Hilang Dengan Wortel.

    Walaupun merupakan makanan dengan kandungan vitamin A yang baik untuk mata. Tetapi bukan hanya semata-mata Anda memakan wortel akan menghilangkan rabun. Menurut Tjahjono Gondhowiardjo yang merupakan dokter ahli ophtalmologi dari RS JEC, khasiat wortel cuma untuk memaksimalkan kerja retina. Jadi, wortel tidak bisa menyembuhkan mata rabun, dekat maupun jauh. Dokter itu juga mengatakan hanya ada 4 cara untuk memperbaiki mata yang rabun, yaitu dengan kaca mata, lensa kontak, tanam lensa, dan juga lasik

    2. Makin Sering Olahraga, Maka Semakin Baik.

    Rutin bukan berarti berlebihan. Olahraga rutin sangat baik untuk tubuh. Namun, olahraga berlebihan akan membuat tubuh sukar untuk memulihkan dirinya. Hal ini menyebabkan nyeri pada otot, peningkatan denyut jantung drastis, kelelahan konstan, penurunan sistem kekebalan tubuh, dan yang paling terparahnya adalah kematian. Cobalah untuk olahraga lima kali dalam seminggu selama 30 menit saja, jangan berlebihan!

    3. Mandi Malam adalah Penyebab Rematik.

    Menurut Handono Kalim yang merupakan Dokter Spesialis Penyakit Dalam dan Konsultan Reumatologi, hingga saat ini tidak ada penelitian yang membuktikan bahwa mandi malam adalah penyebab rematik. Hanya saja, terkadang mandi malam hari dan menggunakan air dingin akan membuat otot jadi kaku. Hal ini pun lumrah dialami seseorang jika tidak terbiasa dengan suhu dingin.

    4. Micin Bikin Bodoh.

    Fakta sebenarnya, MSG tidak membuat seorang jadi bodoh. BerdasarkanFood and Drug Administration(FDA), MSG masuk dalam kategori “generally recognized as safe” (GRAS) dalam kata lain aman untuk dikonsumsi. Sampai sekarang pun belum ada bukti bahwa MSG menyebabkan kebodohan. Namun, jika di konsumsi berlebihan MSG akan menyebabkan mual, muntah, hingga sakit kepala.

    5. Vaksin Mengandung Zat Berbahaya.

    Sedang marak diperbincangkan, nyatanya hal ini benar-benar hoax. Kandungan dalam vaksin adalah virus, bakteri, atau racun yang sudah dilemahkan atau dimatikan. Selain itu, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pastinya melakukan pengawasan ketat terkait produksi vaksin sampai dinyatakan aman, dan akan disebar-luaskan kepada khalayak ramai. Jadi jangan takut untuk vaksin ya!

    Itulah beberapa mitos atau hoax yang sering kali masih dipercaya hingga saat ini. Utamakanlah mencari informasi sebaik-baiknya sebelum menyimpulkan suatu argumen.*** (Al Dwi Nurtoro )

Baca Juga: Ingin Putih Bersinar Seperti Cahaya? Lakukan Puasa Ayyamul Bidh Setiap Bulan, Simak Penjelasannya

Editor: Fatihin Rere

Tags

Terkini