• Minggu, 29 Mei 2022

Cara Mudah Pengaduan dan Usulan Bantuan Sosial Agar Tidak Salah Sasaran Melalui Aplikasi Cek Bansos

- Rabu, 25 Agustus 2021 | 15:41 WIB
Infografis Aplikasi Cek Bansos. (Instagram @kemensosri)
Infografis Aplikasi Cek Bansos. (Instagram @kemensosri)

NEWSmedia -  Banyak terjadi di sekeliling kita, entah tetangga maupun orang-orang terdekat kita yang seharusnya menerima bantuan, tetapi justru tidak menerima bantuan dari pemerintah.

Sering terjadi banyak yang dianggap mampu namun terdaftar sebagai penerima bantuan. Sedangkan yang kurang mampu hanya gigit jari karena tidak dapat bansos.

Untuk meminimalisasi kejadian tersebut, Kementerian Sosial memberikan solusi untuk mengadukan temuan apabila di lapangan terjadi bantuan yang bermasalah, termasuk yang tidak tepat sasaran.

Baca Juga: Muhamad Kece Ditangkap di Bali, Dibawa ke Bareskrim Polri dan Langsung Ditetapkan Tersangka

Pemerintah dalam hal ini Kementerian Sosial menggunakan Aplikasi Cek Bansos untuk mendapatkan laporan mengenai penyaluran bantuan sosial. Aplikasi itu dibuat untuk meminimalisasi masalah penyaluran bansos, termasuk menghindari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Dilansir dari Instagram resmi Kementerian Sosial, berikut penjelasan lengkap mengenai Aplikasi Cek Bansos tersebut.

Masyarakat bisa dengan mudah melaporkan jika terjadi masalah pada pemberian bansos. Melalui fitur menu ‘USUL SANGGAH’ di dalam Aplikasi Cek Bansos, penerima bantuan sosial bisa melaporkan temuan-temuan di lapangan.

Baca Juga: Usia Kandungan Istri Sule Menginjak 6 Bulan, Nathalie Holscher Semakin Manja dan Fakta Kehidupan Karirnya

Aplikasi tersebut dapat diunduh di Playstore dan di-install di smartphone. Pastikan developer aplikasinya adalah Kementerian Sosial, karena banyak aplikasi dengan nama serupa.

Berikut Cara Usul Sanggah penerima bantuan sosial dalam Aplikasi Cek Bansos Kementerian Sosial:

Halaman:

Editor: Rapih Herdiansyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini