• Kamis, 21 Oktober 2021

Hasil Survei Voxpopuli: Partai Ummat Ungguli PAN, Demokrat Melesat Tinggalkan Golkar

- Kamis, 26 Agustus 2021 | 19:46 WIB
Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono.
Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono.

NEWSmedia – Eskalasi politik tanah air mulai menghangat, kendati tahun politik masih tiga tahun ke depan. Sejumlah tokoh mulai digadang-gadang untuk kandidat calon presiden. Langkah politik sejumlah politisi berdampak pada elektabilitas partai tempatnya bernaung.

Voxpopuli Research Center mengungkapkan fakta berbeda tentang kondisi sejumlah partai yang kemungkinan besar bakal bertarung dalam perhelatan Pilpres 2024 mendatang. Hasil survei foxpopuli, Partai Demorat merangsek ke tiga besar dengan elektabilitas 11,2 persen.

Direktur Komunikasi Voxpopuli Research Center Achmad Subadja dalam keterangan tertulisnya kepada pers di Jakarta, Kamis 26 Agustus 2021 mengatakan partai besutan Soesilo Bambang Yudhoyono bertengger pada urutan ke 3, di bawah Parta Gerindra dan Partai PDI Perjuangan yang masih memuncaki elektabilitasnya.

Baca Juga: Prediksi dan Head to Head Bali United Vs Persik Kediri di Laga Pembuka BRI Liga 1 2021

“Kenaikan signifikan elektabilitas Partai Demokrat bisa menjadi ancaman bagi dua parpol utama koalisi pemerintah,” ujar Achmad Subagdja.

Hal itu sangat beralasan, pasanya walaupun PDI P unggul pada peringkat pertama dan disusul Partai Gerindra, namun hasil elektabilitasnya tidak terpaut jauh dengan Demokrat. PDIP hanya memperoleh 15,8 persen dan Gerindra 13,5 persen.

Fakta lainnya yang dusuguhkan dalam hasil survei, Partai Demokrat berhasil mengungguli Partai Golkar yang sebelumnya berada di posisi ketiga. Akan tetapi, elektabilitas partai berlambang pohon beringin ini digambarkan dalam posisi yang relatif stabil, dengan elektabilitas 8,8 persen.

Baca Juga: Mitos Makanan Pada Ibu Hamil yang Dipercaya Menyebabkan Keguguran

“Demokrat kini menjadi simbol oposisi, dan setiap kritik terhadap kinerja pemerintah cenderung menguntungkan bagi kenaikan posisi Demokrat,” tandas Achmad.

Hal mencolok juga terjadi pada Partai PSI yang berada di posisi ke 6, satu tingkat di bawah PKB yang memperoleh elektabilitas 6,1 persen. Dengan elektabilitas 5,0 persen PSI berada di atas PKS dengan elektabilitas 4,9 persen, Partau Nasdem dengan elektabilitas 3,7 persen dan PPP yang hanya memperoleh elektabilitas 2,0 persen.

Halaman:

Editor: Adam Adhary Abimanyu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X