• Kamis, 21 Oktober 2021

Survei Capres Voxpopuli: Ganjar Ungguli Prabowo, Ridwan Kamil di Atas Anis Baswedan

- Kamis, 26 Agustus 2021 | 20:17 WIB
Ganjar Pranowo (Foto: Instagram @ganjarpranowo)
Ganjar Pranowo (Foto: Instagram @ganjarpranowo)

NEWSmedia – Perhelatan pemilihan presiden masih tiga tahun lagi. Namun sejumlah lembaga survei telah merilis sejumlah nama yang diprediksi bakal maju sdbagai kandidat calon presiden (Capres). Nama Prabowo, Puan Maharani, Ganjar Pranowo dan Anis Baswedan telah santer disuarakan. Hingga hari ini peta politik masih bergerak dinamis.   

Kali ini Voxpopuli mengungkap hasil survei Capres 2024 mendatang. Di antara nama-nama yang santer dibicarakan, Ganjar Pranowo yang saat ini menjabat Gubernur Jateng berada di posisi pertama dengan raihan elektabilitas 20, 4 persen. Jauh meninggalkan Puan Maharani yang hanya meraih elektabilitas 1,3 persen.

Direktur Komunikasi Voxpopuli Research Center Achmad Subadja dalam keterangan tertulis kepada pers di Jakarta, Kamis 26 Agustus 2021 mengungkapkan, Ganjar Pranowo berhasil menempati urutan pertama dalam survei lantaran sudah lama membangun branding sebagai kepala daerah yang layak maju ke pentas politik nasional.

Baca Juga: Prediksi dan Head to Head Bali United Vs Persik Kediri di Laga Pembuka BRI Liga 1 2021

“Figur kepala daerah menuai dukungan setelah Jokowi sukses menapaki tangga kekuasaan dari Walikota Solo, Gubernur DKI Jakarta, hingga menjadi presiden.” Ungkap Achmad.

Keberhasilan Jokowi menjadi presiden melalui jalur kepala daerah telah membuka jalan bagi kepala-kepala daerah lainnya di Indonesia. Kondisi ini membuat persaingan kuat dalam merebut simpati, mengalahkan figur-figur yang berasal dari partai politik. Ganjar berada di atas Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto yang harus puas dengan elektabilitas 17,2 persen.

Sebaliknya Prabowo justru dibayang-bayangi oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang meraih elektabilitas 13,0 persen. Selanjutnya Sandiaga Uno yang kini menjabat Menteri Pariwisata meraih elektabilitas 8,1 persen. Meninggalkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan elektabilitas 6,2 persen.

Baca Juga: Mitos Makanan Pada Ibu Hamil yang Dipercaya Menyebabkan Keguguran

Selain partainya melesat ke perngkat ke 3, Demokrat juga mengantarkan Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dengan elektabilitas 5,6 persen. “AHY tampaknya diuntungkan oleh lonjakan elektabilitas partai yang dipimpinnya, sebagai partai utama di kubu oposisi,” jelas Achmad.

Figur lain yang diungkap dalam survei, antara lain Menteri Sosial Tri Rismaharini (4,8 persen), Menteri BUMN Erick Thohir (4,2 persen), Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (3,0 persen), Plt Ketua Umum PSI Giring Ganesha (2,6 persen), Airlangga Hartanto (1,1 persen) dan Menko Polhukam Mahfud MD (1,0 persen).

Halaman:

Editor: Adam Adhary Abimanyu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X