• Minggu, 16 Januari 2022

Asal Tahu Saja Mie Campur Nasi Ternyata Berbahaya

- Senin, 30 Agustus 2021 | 19:47 WIB
Ilustrasi Mie Instan (Freepix)
Ilustrasi Mie Instan (Freepix)

 


NEWSmedia – Di Indonesia, kebiasaan memakan mie menggunakan nasi dianggap hal yang biasa. Hal itu lantaran adanya kebiasaan bahwa makan mie saja dianggap tidak kenyang sebelum makan nasi.

Padahal, mie dan nasi keduanya mengandung karbohidrat yang tinggi. Sehingga jika memakan mie bersamaan dengan nasi akan membuat tubuh  kelebihan karbohidrat yang membuat kondisi tubuh tidak sehat.

Menurut Prof. Dr. H. Ari Fahrial Syam, seorang pakar penyakit dalam, mie dan nasi mengandung karbohidrat yang menbuat nilai kalorinya akan berlebihan jika dikonsumsi bersamaan. Sehingga jika dilakukan dalam jangka panjang akan berisiko pada kesehatan.

Baca Juga: Sertifikat Tanah Asrama Haji Banten Diterima, Pembangunan Ditarget Kelar 2022

Sebagai contoh menurut Ari, 100 gram nasi memiliki kandungan sekitar 150 kalori. Sedabgkan satu bungkus mie instan memiliki kandungan kurang lebih 350 kalori.

Saat dikonsumsi bersamaan, kalori yang didapatkan dalam satu kali makan mencapai 500 kalori hanya dari nasi dan mie saja dengan takaran standar.

Baca Juga: Louisiana Amerika Porak Poranda Akibat Badai Ida, Bahaya Masih Mengancam Hingga Rabu Mendatang

Belum lagi jika kita masih menambahkan kerupuk atau beragam jenis makanan yang mengandung olahan tepung lainnya. Padahal jika hal iu dkonsumsi berlebihan menyebabkan penimbunan lemak pada tubuh. Dan dapat memicu obesitas atau kegemukan, penyakit jantung, bahkan stroke.

Asupan kalori yang berlebih akan menyebabkan tubuh menjadi stres, hal ini dipicu karena makanan yang berkalori tinggi biasanya mengandung lemak dan gula yang tinggi.

Halaman:

Editor: Fatihin Rere

Sumber: Youtube doktersehat

Tags

Terkini

X