• Sabtu, 4 Desember 2021

Masih Bingung Timeline 'The Nun', 'The Conjuring' Dan 'Annabelle'? Simak Penjelasan Berikut!

- Selasa, 28 Agustus 2018 | 19:06 WIB
Poster film.*
Poster film.*

[NEWSmedia] - Warner Bros dan New Line Cinema memang tengah giat mengembangkan The Conjuring Universe usai film pertamanya, yakni "The Conjuring" menuai kesuksesan pada tahun 2013 lalu. Menyusul kesuksesan tersebut, film sekuelnya, "The Conjuring 2: The Enfield Poltergeist" pun juga mendapat sambutan meriah dari para penikmat film. Apalagi dengan kehadiran iblis biarawati bernama Valak sebagai tokoh antagonis yang menyeramkan.

Menyadari bahwa Valak mendapat perhatian lebih dari penonton, tak heran jika Warner Bros dan New Line semakin tergoda untuk memproduksi spin-off terbaru yang khusus mengisahkan sang iblis biarawati, yakni "The Nun". Tentunya, "The Nun" ini menjadi spin-off teranyar setelah rumah produksi raksasa itu lebih dulu merilis dua seri "Annabelle".

Secara keseluruhan, The Conjuring Universe mampu membawa nuansa horor yang begitu digemari penikmat film. Namun tak bisa dipungkiri jika timeline franchise ini begitu membingungkan.

"The Conjuring" menjadi film pertama yang dirilis oleh franchise ini, kemudian disusul "Annabelle" pada tahun 2014. Setelahnya, Warner Bros merilis "Conjuring 2: The Enfield Poltergeist" pada tahun 2016. Yang terakhir, studio tersebut meluncurkan "Annabelle: Creation" di tahun 2017 lalu.

Namun yang perlu diketahui, "Annabelle: Creation" justru menjadi film dengan setting paling awal di antara franchise The Conjuring Universe yang telah dirilis. Kemudian secara berurutan dilanjutkan dengan "Annabelle", "The Conjuring", serta "Conjuring 2: The Enfield Poltergeist".

Menyadari bahwa sebagian penggemar merasa kebingungan dengan timeline yang digunakan dalam film, akhirnya sutradara James Wan pun berinisiatif untuk memberikan penjelasan dengan lebih rinci. James menjelaskan timeline ini dalam promo terbaru "The Nun" yang baru saja dirilis pada 24 Agustus lalu.

Promo berupa video singkat ini menegaskan bahwa "The Nun" akan menjadi perjalanan awal kisah The Conjuring Universe. Bersama dengan sutradara Corin Hardy, James mengatakan bahwa "The Nun" akan memiliki setting paling awal yakni pada tahun 1952.

"Annabelle: Creation" sendiri rupanya mengambil setting tak lama setelahnya, yakni pada 1955. Disusul "Annabelle" pada 1970, di mana kedua film ini masih berfokus mengisahkan sosok boneka iblis Annabelle.

Selanjutnya adalah "The Conjuring" yang mengambil setting tahun 1971, serta "Conjuring 2: The Enfield Poltergeist" yang berlatar tahun 1977. Kedua film ini menjadi "era baru" yang berfokus pada kisah pasangan Ed dan Lorraine Warren.

Halaman:

Editor: Muhammad Adi

Tags

Terkini

X