• Minggu, 19 September 2021

Perebutan Hak Paten, Ruben Onsu Sempat Jadi Duta Promosi I Am Geprek Bensu 

- Jumat, 12 Juni 2020 | 18:04 WIB
Ruben Onsu.*
Ruben Onsu.*

[NEWSmedia] - Kasus perebutan hak paten merek dagang Bensu antara Ruben Onsu dan pemilik restoran I am Geprek Bensu, Benny Sujono, kembali mencuat. Sebelumnya, sengketa bisnis yang mengandalkan ayam geprek ini mondar-mandir di pengadilan.

Diawali dari gugatan yang dilayangkan Ruben Onsu ke Pengadilan Negeri Niaga Jakarta Pusat medio 2018. Ruben Onsu mengajukan gugatan ini untuk mendapatkan hak eksklusif atas merek Bensu yang digunakan I Am Geprek Bensu.

Tercatat, Ruben Onsu menggugat ke Pengadilan Niaga Jakarta Pusat pada 25 September 2018. Gugatan dengan nomor perkara 48/Pdt.Sus-HKI/Merek/2018/PN Niaga Jkt.Pst tersebut ditolak majelis hakim Pengadilan Negeri Niaga Jakarta Pusat, pada 7 Februari 2019.

Setelah gugatan pertama ditolak, ayah angkat Betrand Peto kembali mengajukan gugatan ke PN Niaga Jakarta Pusat pada 23 Agustus 2019. Gugatan tersebut terdaftar dengan nomor perkara 57/Pdt.Sus-HKI/Merek/2019/PN Niaga Jkt.Pst.

Gugatan Ruben Onsu terhadap hak eksklusif atas merek Bensu ditolak lagi di persidangan karena fakta yang ditemukan mengenai pemakaian merek Bensu sudah lebih dulu digunakan.

Sebelumnya, pemakaian nama Bensu sebagai merek dagang digunakan PT Ayam Geprek Benny Sujono. Bensu sendiri merupakan singkatan nama pemiliknya, yakni Benny Sujono. Sang pemilik mendirikan restoran dengan nama I Am Geprek Bensu.

Eddie Kusuma selaku Kuasa hukum PT Ayam Gebrek Benny Sujono membeberkan, semula Ruben Onsu bekerja sebagai duta untuk mempromosikan usaha kuliner I Am Geprek Bensu pada pertengahan 2017.

Empat bulan setelahnya, Ruben Onsu mendirikan bisnis kuliner yang serupa dengan nama Geprek Bensu dan mengklaim bahwa kata Bensu adalah miliknya.

“Sedangkan merek I Am Geprek Bensu, milik klien saya, sudah ada dan terdaftar pada Direktorat HKI pada 3 Mei 2017," terang Eddie Kusuma saat ditemui pewarta di Pengadilan Negeri Niaga Jakarta Pusat, Senin (27/1/2020).

Halaman:

Editor: Muhammad Adi

Tags

Terkini

X